BINTEK EMPAT PILAR LSM GMBI MENDAPAT SAMBUTAN POSITIF PEMERINTAH KOTA PEKALONGAN

Bintek empat pilar LSM GMBI

Delik Jateng. Pekalongan – LSM gerakan Masyarakat Bawah Idonesia atau GMBI, Senin 29 November 2021 berhasil menyekenggarakan Kegiatan Bintek Empat Pilar. Kegiatan yang digelar di Gd Amarta Jl. Mataram 1 itu dihadiri oleh perwakilan walikota, dandim, polresta, serta Dinas Kesbangpol. Selain itu panitia juga mengundang sejumlah mitra LSM seperti GNPK, Probojoyo, LMPI, Oppal Andong Linuwih dan segenap wartawan.

Dalam kata sambutannya Teguh Hadi Santoso ketua DPD GMBI Pekalongan Raya menyampaikan bahwa kehidupan berbangsa dan bernegara tak bisa meninggalkan empat pilar, yaitu Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika, empat pilar ini yang berguna bagi meningkatkan kesadaran kita tentang kehidupan berbangsa dan bernegara bersama masyarakat.,

Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Bhinneka Tunggal Ika. Bintek kebangsaan berlangsung di Aula Amarta gedung Setda Kota Pekalongan (29/11).

Dijelaskan oleh Silffa Hadi nama akun ketua GMBI, bahwa kegiatan dilakukan merupakan kerjasama antara Pemkot Pekalongan bekerja sama dengan LSM GMBI DPD Kota Pekalongan.

Sejak dimulai sanpai berlangsugnya acara, peserta yang hadir sekitar 200 undangan

Kata sambutan Apriliyanto, SE. MM, kepala Kesbangpol mewakili pemerintah kota menyampaikan bahwa pemerintah kota Pekalongan menyambut dan mendukung penyelenggaraan bintek,dan tujuan pelaksanaan kegiatan Bintek antara lain untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman kepada masyarakat melalui peranan kelembagaan sosial masyarakat tentang empat pilar kebangsaan. Dan diharapkan setelah bibntek ini ada tindak lanjut penularan pengetahuan wawasan kebangsaan dari kinerja peran serta masyarat.

Ketua DPD GMBI kota Pekalongan, Teguh Hadi Santosa dalam keterangannya mengatakan bahwa dengan diadakannnya Bintek akan meningkatkan pemahaman tentang nilai nilai kebangsaan pada keanggotaan kelembagaan LSM.
Guna mendukung ketahanan NKRI dan memoerkyat wawasan kebangsaan dan terwujudnya persatuan bangsa

Acara Bintek oleh GMBI DPD Pekalongan ini Mendapat dukungan dan dihadiri sendiri Ketua Wilter Jawa tengah, Toni Safrudin Hidayat, S. H. bersama GMBI DPD Pekalongan Raya, yang meliputi wilayah kota dan kabupaten Pekalongan, kota dan kabupatenTegal, Kabupaten Pemalang kabupaten Kendal, dan Kabupaten Cilacap.

Pemateri bintek pertama dari Intel Kodim, menjelaskan pentingnya empat pilar bagi keberlangsungan negara kesatuan Republik Indonesia. Sedangkan pemateri kedua, Hermawan dari Kesbangpol membahas tentang peran serta aktif lembaga swadaya masyarakat (LSM) dan organisasi masyarakat (Ormas) terutama pemuda yang secara tangguh dapat menjadi benteng bagi keutuhan bangsa.

(Istiadi B dan Edise)

Leave a Reply