Sigedong Ditetapkan KLB Penyakit Diare

diare
Anak penderita diare di Sigedong

TEMANGGUNG,delikjateng.com -Dinas Kesehatan Kabupaten Temanggung menetapkan Desa Sigedong, Kecamatan Tretep, Kabupaten Temanggung, sebagai daerah rawan penyakit diare dalam kondisi Kejadian Luar Biasa (KLB). Dalam beberapa pekan ini jumlah penderita diare di desa itu terus bertambah.

Hingga Rabu (9/8) pagi ini jumlah penderita mencapai 64 orang. Jumlah itu meningkat karena pada Selasa (8/8) sebanyak 59 orang. Seorang korban diantaranya meninggal dunia.

” Korban yang meninggal sudah berusia lanjut, sekitar 75 tahun. Selain diare dia juga menderita hipertensi, sehingga penyebab kematian apakah dari diare atau hipertensi masih dalam penyelidikan,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Temanggung, Suparjo.

Sejauh ini belum diketahui penyebab KLB diare di Sigedong. Ada dugaan kuat karena air yang dikonsumsi masyarakat, dan saat ini masih dilakukan penelitian.

Dari sejumlah kasus tersebut terdapat lima penderita yang dirujuk untuk menjalani rawat inap. Dua pasien di RSK Parakan dan tiga pasien di Puskesmas Ngadirejo. Namun, kini mereka sudah pulang dari rumah sakit.

Dinkes Temanggung telah mendirikan posko di desa tersebut dan melakukan pelayanan selama24 jam. “Kami buka posko selama 24 jam untuk penanganan penderita diare yang muncul dan jika mungkin perlu dirujuk kami juga siapkan ambulans di posko,” ucapnya.

Sebagai upaya antisipadi dilakukan sosialisasi kepada masyarakat, untuk menerapkan hidup bersih dan sehat. Juga penebaran kaporit di mata air dan penampungan air untuk menurunkan angka bakteri dan kuman.(nariyono)

Tinggalkan Balasan