Serangan Bom Bunuh Diri di Palmira Ternyata Warga Indonesia

Serangan Bom Bunuh Diri di Palmira Ternyata Warga Indonesia

PALMIRA, delikjateng.com – Pelaku bom bunuh diri dengan menggunakan truk di kawasan selatan kota kuno Palmyra, Suriah, ternyata warga Indonesia. Dia adalah Rizqi Al Indonesi, yang akhirnya tewas di lokasi kejadian.

Media setempat memberitakan, Rizq Al Indonesi menjalankan aksi bom bunuh diri dengan menggunakan truk yang dimodifikasi menjadi alat bunuh diri. Serangan dilakukan saat truk tersebut diperiksa dalam pos pemeriksaan militer Angkatan Darat Arab Suriah (SAA), sebagaimana dikutip dari Almasdar news, Kamis (8/6).

Sumber media ISIS dan laman Al Masdarnews mengaku belum bisa mengidentifikasi korban tewas dari serangan bom bunuh diri tersebut. Apakah dari militer juga ada yang tewas. Namun Media Resmi ISIS, Amaq Agenzi mengumumkan ISIS bertanggungjawab atas serangan tersebut.

Serangan bunuh diri yang dilakukan militan ISIS asal Indonesia itu makin bertambah. Sebelumnya, Komandan Asia Tenggara Negara Islam di Irak dan Suriah (ISIS), Bahrumsyah, juga tewas pada Senin (13 Maret) dalam serangan bunuh diri yang gagal saat menyerang tentara Suriah.

Pria yang berasal dari Indonesia itu, tewas setelah mobil sarat bahan peledak yang ia kemudikan itu meledak saat menuju unit Angkatan Darat Arab Suriah di Palmyra. ISIS membenarkan berita kematian Bahrumsyah. Tapi dalam sebuah postingan di media sosial, mereka mengklaim serangan “Abu Muhammad al Indonesi” berhasil menyebabkan kerusakan pada musuh mereka.

Abu Muhammad al Indonesi, adalah nama sandi untuk berperang- dari Bahrumsyah. Nama Bahrumsyah meroket pada 2014 setelah muncul dalam sebuah video perekrutan, menyerukan agar militan dari Indonesia, Malaysia dan lain-lain di wilayah tersebut untuk bergabung ISIS.

Hal ini terjadi setelah Bahrumsyah dilaporkan telah ditunjuk oleh pemimpin ISIS Abu Bakr al-Baghdadi untuk memimpin batalion pejuang asing dari Asia Tenggara.

Amerika Serikat telah menempatkan Bahrumsyah dalam barisan teroris. Ia sempat dikabarkan tewas dalam sebuah pertempuran. Beberapa analis percaya Bahrumsyah adalah sosok yang berada di balik serangkaian serangan di Jakarta.

Tinggalkan Balasan