Polda Jateng Luncurkan 75 Aplikasi Memudahkan Layanan Publik

Kapolda Jawa Tengah , Irjen Pol Drs  Condro Kirono , MM, M.Hum
Kapolda Jawa Tengah , Irjen Pol Drs Condro Kirono , MM, M.Hum

SEMARANG, delikjateng.com – Kepolisian Daerah ( Polda) Jawa Tengah baru-baru ini meluncurkan 75 program aplikasi untuk memudahkan layanan publik. Bahkan program tersebut telah dinobatkan oleh pihak Musium Rekor Republik Indonesia ( MURI) pada gelaran HUT Polisi lalu lintas ke 62 di Semarang, sebagai program aplikasi publik terbanyak dan tersmart layanan publik bagi Masyarakat Jawa tengah.

Hal ini sebagaimana dikemukakan Kapolda Jawa Tengah , Irjen Pol Drs Condro Kirono , MM, M.Hum. Bahwa dalam rangkaian memperingati HUT Polantas ke 62, telah diluncurkan 75 aplikasi inovasi layanan publik yang juga telah mendapatkan penghargaan dari Muri.

” Semua itu untuk mempermudah pelayanan masyarakat dan mempercepat proses pelaporan,” ungkapnya kepada Delikjateng

Sementara diseputaran RS Bhayangkara, selanjutnya guna menyukseskan program ini Kapolda Jateng memerintahkan kepada seluruh Kapolres maupun Kapolresta di Kabupaten/ Kota se Jawa Tengah agar meningkatkan sinergitasnya dengan 5 pilar pemangku kebijakan lalu lintas lainnya yang ada didaerah yaitu Bapeda, Dinas Pekerjaan Umum, Dinas Perhubungan, Kepolisian, Jasa Raharja dan Dinas Kesehatan.

” Silahkan untuk lebih lengkap dan detilnya bisa menghubungi pihak lantas atau Humas Polda Jateng ,” tambahnya.

Ditempat terpisah Pihak Ditlantas Jateng , Kompol Ruri Prastowo, SH, SIK, MIK, “dalam rangka hari ulang tahun Polantas yang dilaksanakan pada hari minggu lalu Ditlantas Polda Jawa Tengah meluncurkan 75 inovasi berbasis teknologi informasi dalam rangka untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

75 inovasi ini dibagi tiga bidang yang pertama Regident (registrasi dan identifikasi) kendaraan bermotor, kemudian bidang penegakan hukum, dan bidang dikmas, dan itu telah memecahkan rekor MURI. Karena belum ada di Polda lainnya yang melaunching secara serentak sebanyak 75 inovasi ini

” Jadi baru Polda Jateng yang pertama masuk rekor Muri Alhamdulillah dan ini sejalan dengan apa yang diperintahkan oleh Bapak Kapolri dalam 11 program prioritas Kapolri yaitu meningkatkan pelayanan publik berbasis teknologi informasi diseluruh polres.,” tuturnya kepada Delikjateng.

Kata Ruri, gelaran HUT Polantas ke 62 ini diikuti seluruh Polres se Jawa Tengah. ” Semua Polres kita undang ke lapangan car free day di lapangan di Jalan Pahlawan Semarang,”

Dan masing-masing Polres membuat stand pameran, dan itu diperlombakan serta ditampilkan di stand pameran itu, tapi untuk memudahkannya , akan sampaikan filenya lewat email.

Sementara itu Pihak Humas Polda Jateng, Kompol Priyono saat di sambangi di kantornya di jalan Mataram Semarang justru terkesan tidak begitu respon atas konfirmasi dari media ini. ” Maaf belum bisa memberikan keterangan sebelum ada surat tugas,” ujarnya.

Giat yang dilakukan Polda Jawa Tengah saat ini semakin menguat dan mencuat, terutama dalam pengelolaan keamanan dan ketertiban bagi Masyarakatnya.Hal ini terbukti dengan penangan arus lalu lintas saat mudik lebaran lalu yang gemilang dan sukses tanpa insiden yang serius. Dan kesuksesan semuanya ini tidak terlepas dari kepiawaian tangan dingin Sang Jenderal yang memang berasal dan dibesarkan di Polantas dengan Posisi terpuncak sebagai Kakorlantas Polri

Saat memulai debutnya di Polda Jawa Tengah, maka berbagai terobosan pun telah dilakukannya , termasuk luncuran program 75 Aplikasi layanan publiknya yang semata-mata untuk memudahkan dalam melayani Masyarakatnya. ( Tim Biro Pantura)

Leave a Reply