PKL Sigandul Ditertibkan

Aparat Satpol PP dan Damkar dibantu Polisi dan tentara membongkar  lapak  PKL Sigandul. foto: Humas pemda Temanggung
Aparat Satpol PP dan Damkar dibantu Polisi dan tentara membongkar lapak PKL Sigandul. foto: Humas pemda Temanggung

TEMANGGUNG, delikjateng.com -Enam lapak dagangan milik Pedagang Kaki Lima (PKL) di pinggir jalan Jembatan Sigandul Desa Tlahap, Kecamatan Kledung, Temanggung, Senin ( 15/5 ) dibobgkar . Pembongkaran dipimpin PLT Dinas Satpol PP dan Damkar, Suyono bersama anggota, dibantu aparat dari KODIM , Polres dan Dinas Perhubungan serta darai Satpol PP Provinsi Jawa Tengah.

Pembongkaran lapak-lapak dilakukan setelah sebelumnya pemkab telah tiga kali memberikan surat peringatan kepada para PKL, mengenai larangan untuk berdagang di lokasi setempat. Namun sampai batas waktu terakhir Selasa (9/5 ) 6 orang PKL belum membongkar sehingga dibongkar paksa.

Sebetulnya, larangan itu sudah disampaikan beberapa kali karena melanggar Perda Nomor 12 tahun 2011 tentang Ketertiban, Kebersihan, Keindahan dan Kesehatan lingkungan . Karena berdampak mengganggu kelancaran lalu lintas dan keindahan lokasi jembatan yang dibangun dengan menghabiskan anggaran tidak kurang dari Rp.55 miliar.

Berdasarkan informasi dari pihak Pemerintah Desa Tlahap , para PKL nantinya akan ditempatkan dilahan milik desa tak jauh dari jembatan sigandul sekaligus sebagai tempat istirahat untuk pengembangan wisata .

Ketua Paguyuban PKL Sigandul Indaha, Joko Susilo (31) menuturkan, pihaknya menyadari dan bisa menerima langkah paksa Pemkab Temanggung penertiban dengan membongkar lapak-lapak yang ada. Diutarakan keseluruhan jumlah PKL anggota paguyuban 12 orang terinci 10 orang warga desa Tlahap, 1 orang warga Desa Kwadungan Gunung dan 1 orang warga Desa Sontonayan Kabupaten Wonosobo.

Sebelumnya pihaknya mengajukan permohonan penundaan waktu untuk pembongkaran, yang semestinya tanggal 17 April menjadi tanggal 9 Mei, guna memberikan kesempatan para PKL untuk membongkarnya sendiri . Namun diakui hingga batas akhir belum membongar lapaknya karena berbagai sebab.

Kepala Desa Tlahap, Irwan (31 ) mengatakan, pihak pemerintah Desa berencana menyiapkan lahan untuk menepatkan para PKL di tanah bondo deso, di sebelah selatan jembatan Sigandul seluas 4000 meter.Di lokasi tersebut nantinya juga akan dimanfaatkan untuk rest area mini, dengan menyediakan anaka kuliner dan kerajinan sesuai potensi yang dimiliki desa serta fasilitas pendukung lainnya.

“ Sesuai peraturan, tanah kas Desa tidak boleh berubah status, maka sebagai penggantinya pihaknya sudah membeli tanah yang lebih luas diatas 4000 meter persegi . Namun untuk anggaran pembangunannya yang dimiliki terbatas, oleh karena itu mohon bantuan anggaran dari Pemkab Temanggung “ ujarnya (Humas Pemda Temanggung)

One Thought to “PKL Sigandul Ditertibkan

  1. Beritanya sangat bagus sekali gan..

    Kunjungi juga blok movie saya ya..

    BeritaMovieAsia21

Tinggalkan Balasan