Kecewa Penanganan Pembuatan E-KTP, Anggota Dewan Datangi Kantor Disdukcapil

Seorang anggota DPRD Pemalang datangi Kantor Disdukcapil (foto rae kusnanto)
Seorang anggota DPRD Pemalang datangi Kantor Disdukcapil (foto rae kusnanto)

PEMALANG, delikjateng.com – Perjalanan pembuatan KTP-El di Kabupaten Pemalang, seringkali terjadi kesalahpahaman, antara pemohon dan petugas kepanjangan di tingkat kecamatan pada umumnya.

Hal tersebut terjadi pada keluarga seorang anggota Dewan yang kebetulan sedang mengurus pembuatan kartu tanda penduduk (KTP).

Diperoleh keterangan, anggota dewan itu sempat mendatangi kantor Dukcatpil, menemui kepala Disdukcapil, Drs Andria Heru Cahyono. Intinya dia menanyakan proses pembuatan E-KTP yang dialami anggota keluarganya.

Sebab, anggota keluarganya yang sudah rekaman sejak 2016 lalu, tapi sampai sekarang KTP nya belum jadi.

Awalnya, dia temui staf pelayanan kasi kependudukan ,Arif. Namun mendapatkan jawaban bahwa sistem yang sekarang sudah berubah per 1 oktober. Dalam pengajuan pemohon sudah melalui sistem yang di tentukan oleh pusat, sesuai surat edaran yang diterima per 1 oktober.

Kasi bidang kepedudukan Arif yang dukonfirmasi melalui telephon selulernya, mengakui kalau sempat ada anggota dewan yang datang ke Kantor Disdukcapil. Kata Arif, sekarang harus membawa beberapa resi yang di peroleh dari kecamatan untuk di cetak di Disdukcapil.

Apabila belum di entri maka bisa langsung ke dinas sebelumnya, tinggal meminta ijin pada staf penanggung jawab.
Sistem yg di maksud pemohon untuk mengajukan cetak KTP lewat opr. Kemudian opr akan entri NIK baru petugas cetak dinas akan mencetak KTP tersebut.(rae kusnanto)

Leave a Reply