Teladani Semangat Kepahlawanan Adalah Kunci Menjadi Bangsa Yang Besar

Semarang- delikjateng.com
Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Bakti Agus Fadjari, S.I.P., M.Si. menghadiri upacara peringatan Hari Pahlawan ke-75 tahun 2020 di halaman Kantor Gubernur Jawa Tengah Jl. Pahlawan No. 9 Semarang. Usai kegiatan upacara para peserta melanjutkan kegiatan ziarah ke Taman Makam Pahlawan Giri Tunggal, Jl. Sriwijaya, Kota Semarang, Selasa (10/11).

Peringatan Hari Pahlawan Nasional kali ini berbeda dengan tahun sebelumnya, karena harus berpedoman pada prosedur protokol kesehatan untuk pencegahan Covid-19. Peserta yang mengikuti juga dibatasi mengingat kondisi masih dalam status pandemi. Sebagai Inspektur upacara adalah Wakil Gubernur Jawa Tengah H. Taj Yasin Maimoen.

Kapendam IV/Diponegoro Kolonel Kav Susanto, S.I.P., M.A.P. mengungkapkan bahwa semangat juang para Pahlawan hendaknya dapat menjadi teladan serta karakter dalam diri bangsa Indonesia. Perjuangan dan pengorbanannya dalam mempertahankan kedaulatan NKRI harus mendapatkan penghargaan yang tinggi. Jadi ingatan secara kolektif bangsa untuk menggugah kesadaran masyarakat agar mau meneladani dan mengimplementasikan nilai-nilai luhur para pahlawan dalam kehidupan sehari-hari yang harus dikenang sepanjang waktu.

“Jangan sampai semangat dan identitas itu hilang karena pengaruh budaya luar, sehingga kita lupa dengan jatidiri bangsa bahwa kita adalah bangsa yang besar” ujarnya.

Sebagaimana tema Hari Pahlawan Tahun 2020 kali ini yaitu “Pahlawanku Sepanjang Masa”. Maka diharapkan momentum ini mampu memperkuat persatuan & kesatuan bangsa serta bisa meningkatkan rasa kecintaan dan kebanggaan sebagai bangsa Indonesia.

“Apa yang telah dilakukan para pahlawan hendaknya dapat menginspirasi dan memotivasi masyarakat untuk meneruskan perjuangan dan mengisi kemerdekaan ini.” Pungkasnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut antara lain Kapolda Jateng Irjen Pol. Drs. Ahmad Luthfi, S.H., S.St., M.K, Kajati Jateng Priyanto S.H., M.H., Ketua DPRD Jateng H. Bambang Kusriyanto, B.Sc., Aspers Kasdam IV/Diponegoro Kolonel Inf Bungkus Hadisuseno, S.I.P dan OPD Provinsi Jateng.

(Syailendra/Pendam)

Leave a Reply