Profesor Eddy Pratomo, Guru Besar UNDIP Semarang

Suasana pengukuhan

SEMARANG,delikjateng.com – Prof. Dr. Eddy Pratomo, SH, MA yang dikenal sebagai Pakar Juru Runding Laut, dikukuhkan menjadi Guru Besar Fakutas Hukum Universitas Diponegoro (UNDIP) di Semarang, Sabtu (9/2). Dia berasal dari Desa Pagersari Kecamatan.Patean Kabupaten Kendal.

Dalam Orasi Ilmiahnya, Prof.Eddy menegaskan pentingnya Negosiasi Penetapan Batas Laut dalam Kerangka Diplomasi Maritim Berkelanjutan. Batas laut sangat penting untuk menjaga keutuhan Indonesia, makanya diperlukan para negosiator yang handal.

Edy juga berjanji akan menularkan ilmunya untuk para generasi mendatang. ” Berkat dorongan dan doa semua pihak Saya bisa berada disini dan akan mengembangkan keilmuan di Undip,” ujarnya.

Edy juga menyampaikan Formulanya untuk bisa diimplementasikan sebagai Negosiator. ” ini Formula Pratomo yang didasarkan pengalaman selama 20 tahun menjadi juru runding. Pertama, Kebijakan Nasional yang komprehensif, solid dan tahan lama, Kedua, Eksplorasi ide-ide kreatif, Ketiga, Kesiapan solusi jalan tengah, Keempat, Komitmen politik dan itikad baik, Kelima, Informal Meeting,” pungkasnya.

Sebelumnya Presiden RI ke Tiga, BJ Habibie dalam sambutannya melalui Audio Visual mengungkapkan kebanggaannya atas kerja keras Pakar Hukum Kelautan ini berbakti untuk Nusa dan Bangsa. Pakar Kelautan yang ulet dan penuh berdedikasi, maka berbahagialah Undip dapat memiliki Guru Besar ini.

Sementara itu Rektor UNDIP Prof. Dr. Yos Johan Utama,SH , M Hum beserta seluruh civitas akademikanya mengungkapkan rasa syukurnya atas kehadiran Guru Besar di UNDIP. ” Saya kukuhkan Prof Edy sebagai Guru Besar, semoga barokah,” ungkapnya.

Ditempat terpisah, pimpinan Pusaka Group, HR Mastur Darori SH MSi mengungkapkan rasa bangganya atas pengukuhan ini, karena dari Pagersari sudah ada 2 Guru besar. Yaitu Prof Ismi.dan Prof Edy, keduanya berasal dari Pagersari Patean, dan masih ada hubungan saudara.

Prof. Edy lahir tahun.1953 ini merupakan.Alumni SDN 1 Ngareanak, PGAI Sukorejo, PHIN Yogyakarta, Fakultas Hukum UNTAG.Jakarta, Paska Sarjana Saint John University New York dan Alumni Program Doktor Fakultas Hukum Unpad Bandung. Dan ada 56 (lima puluh enam) hasil karya Ilmiahnya yang dipresentasikan didunia Internasional, terakhir dalam Jabatan di Pemerintahan sebagai Duta Besar RI di Jerman.

Dalam acara ini Hadir Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi, Mantan Ketua MK, Mahfudz. MD, para Dubes serta Para Pejabat Daerah maupun pusat yang berbaur penuh kekeluargaan dan kebersamaan.

(rd)

ads

Related posts

Tinggalkan Balasan