Gudang Pestisida Ilegal Digrebeg Polisi

gudang pestisida tak berizin di grebeg
gudang pestisida tak berizin di grebeg

SEMARANG,delikjateng.com -Sebuah gudang tempat produksi dan penyimpanan pestisida ilegal baru-baru ini digrebeg petugas dari Polda Jawa Tengah. Usaha yang terletak di Desa Kembangarum, Mranggen, Kabupaten Demak itu tidak punya izin edar dan kandungan pestisidanya juga belum diketahui.

Dalam kasus itu Polisi menetapkan Suparno, sebagai tersangka pemilik barang-barang ilegal. Ratusan liter pestisida yang dikemas dalam berbagai ukuran siap edar juga diamankan.

Menurut Kasubdit Industri, Perdagangan, dan Investasi Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Jawa Tengah, AKBP Egy Andrian Suez, produk tanpa izin edar tersebut tersimpan di gudang milik UD Arum Tani.

“Tidak punya izin edar dan kandungan pestisidanya juga belum diketahui,” katanya sambil menambahkan, tersangka Suparno sudah berbisnis berbagai jenis pestisida sejak 1998.

Omzet usahanya per bulan rata-rata mencapai Rp300 juta. Sedangkan hasil yang diperoleh dari menjual produk ilegal tersebut mencapai Rp10 juta hingga Rp25 juta per bulan.

Peredaran produk ilegal ini sudah mencakup wilayah Demak, Grobogan, Kendal, Boyolali, dan Semarang. “Perdagangan pestisida harus memenuhi aturan yang sudah ditentukan,” katanya.

Penyidik akan melakukan uji laboratorium untuk mengecek kandungan dalam pestisida ilegal tersebut. Atas perbuatannya, tersangka dijerat dengan Undang-undang Nomor 12 tahun 1992 tentang budidaya tanaman serta Undang-undang Nomor 8 tahun 1999 tentang perlindungan konsumen.

(narto)

Leave a Reply