Gotong Royong Adalah Kekuatan Utama Program TMMD

Program TMMD

Semarang.delikjateng.com Sejumlah anggota Satgas TMMD Reguler ke 109 Kodim 0727/Karanganyar bersama Polri dan warga, terus bahu membahu membangun Talud di desa sasaran, yakni di Dusun Sonosari, desa Jatiwarno, kecamatan Jatipuro, kabupaten Karanganyar. Semangat yang menggelora juga sangatlah terlihat saat pengerjaan sasaran fisik pembuatan Talud dengan volume panjang 50 meter dengan tinggi 1 meter.

Proyek yang digarap tersebut selain pembangunan talud juga membangun jembatan di Desa Jatiwarno yang pertama sepanjang 8 Meter x lebar 4 Meter x tinggi 3 Meter. Jembatan yang kedua dengan ukuran panjang 6 Meter x lebar 4 Meter dan tinggi 3 Meter. Selain TNI dan Polri sejumlah warga sekitar 25-30 orang dari tiap RT dengan sukarela membantu pengerjaan proyek.

“Kegiatan ini kami lakukan secara gotong royong. Dengan harapan, perbaikan infrastruktur yang kami lakukan, juga bermanfaat terhadap silaturahmi yang baik antara TNI, Polri dan masyarakat,” ungkap Danki Satgas TMMD Kapten Inf Supardi.

Salah satu tujuan TMMD ini yakni meningkatkan gotong royong di masyarakat, dan hal ini terus dicontohkan TNI selama pelaksanaan program hingga selesai.

Menurut Kapendam IV/Diponegoro Kolonel Kav Susanto, S.I.P., M.A.P pada Senin (5/10/2020) mengungkapkan bahwa secara umum program TMMD ini bertujuan untuk membantu pemerintah dalam meningkatkan akselerasi pembangunan di daerah. Juga untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya yang berada di daerah yang masih tertinggal, terpencil, dan wilayah perbatasan, melalui pembangunan fisik dan nonfisik.

“Namun demikian kegiatan TMMD ini bukan hanya berujung pada perbaikan infrastruktur saja. Namun juga mempersatukan seluruh elemen masyarakat, hingga menjadikan kekuatan yang nantinya tidak akan mudah dipecah belah oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab” tegasnya.

(Syailendra/Pendam)

Leave a Reply