Agus Siagakan Lima Belas Mobil Damkar Untuk Antisipasi Kebakaran di Semarang

Kadinas Damkar Kota Semarang, Agus Harmunanto

Semarang-DJ. Kepala Dinas Pemadam dan Kebakaran ( Damkar) Kota Semarang, Agus Harmunanto telah menyiagakan 15 ( lima belas) Armada Mobil Damkarnya untuk mengantisisipasi kebakaran diseluruh pelosok Kota Semarang.

Hal ini sebagaimana diungkapnya saat berbincang di Kantornya Jalan Madukoro Raya Nomor 6 Kota Semarang.(Rabu, 12/8).,” Kami siagakan 15 Mobil Damkar di seluruh pos yang tersebar di seluruh Kota Semarang, intinya setiap kali ada laporan kebakaran para petugas kami dengan hitungan permenit sudah meluncur ke Lokasi Kebakaran Mas,” ungkap Agus.

Namun Agus juga kadang sering kesulitan, jika lokasi Kebakaran yang sulit dijangkau, karena lokasinya masuk di gang sempit atau Kebakaran di gedung yang tinggi,” Biasanya kalau sudah lokasinya sulit, kami sulit menjangkaunya walau akhirnya bisa dipadamkan.

Tapi sebenarnya saat ini ada Mobil Damkar jenis Bronto Skaylift yang dapat memudahkan pemadaman kebakaran dimedan apapun, karena daya jangkaunya cukup panjang dan tinggi. Ini cocok untuk Kota Semarang yang saat ini semakin menjamurnya gedung-gedung pencakar langit serta lokasi pemukiman yang semakin padat penduduk,” imbuhnya.

Dan Agus juga menjelaskan beberapa Kota di Indonesia yang sudah memiliki Mobil Damkar Bronto Skaylift saat ini hanya Kota Surabaya dan DKI Jakarta,” Hanya dua kota itu yang memilikinya, karena harga setiap unitnya mencapai Rp 34 Miliaran Mas,” jelasnya.

Sebagaimana informasi yang dapat dihimpun Media ini, memang Kota-Kota besar di Indonesia, termasuk Kota Semarang yang semakin padat penduduknya serta semakin menjamurnya gedung-gedung pencakar langit. Maka untuk memiliki Mobil Damkar Jenis Bronto Skaylift sangat diperlukan guna mengantisipasi pemadaman Kebakaran di Kota Lumpia ini. Karena jenis Mobil Damkar ini bisa dipastikan mampu menjangkau semua Medan sempit dan tinggi.

Mobil Damkar Jenis Bronto Skylift yang memiliki tangga 104 meter dengan bobot seberat 500 Kilogram dengan awak kabinnya menampung 5 orang.
Mobil Bronto Skylift ini sendiri memiliki panjang 17,5 meter, tinggi 4,05 meter, dan lebar 2,6 meter dengan kecanggihan nya Mobil Damkar ini mampu menjangkau ketinggian 104 meter atau sekitar 25 lantai gedung bertingkat, mobil ini juga dilengkapi dengan selubung peluncur bagi korban kebakaran yang berhasil dievakuasi dari ketinggian sekitar 50 meter.

,” Ya kalau Damkar Kota Semarang memiliki Mobil jenis ini, nantinya optimis akan memudah para petugas damkar yang jumlahnya puluhan personil untuk memaksimalkan upaya pemadaman jika terjadi kebakaran di gedung bertingkat dan gang-gang sempit di Kota Semarang,” pungkas Pria Santun yang juga Kadinas Damkar Kota Semarang, Agus Harmunanto.

( TIM)

Leave a Reply