KEMENANGAN DICO-BASUKI, SAH

Suasana Rapat Pleno Terbuka KPU Kendal

Kendal, Delikjateng.com. Dengan meraih suara 279.632, Pasangan calon No.1 Dico Ganinduto dan Windu Basuki dinyatakan sah memenangi kontestasi Pilkada kendal pada tanggal 9 desember 2020 lusa dan akan memimpin sebagai Bupati dan wakil bupati untuk 3,5 tahun kedepan.

Hal itu terungkap saat Rapat Pleno Terbuka, Rekapitulasi Hasil Perhitungan Suara Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kendal tahun 2020 di Aula KPUD Kendal, Jawa Tengah, Selasa, 15/12/2020.

Perolehan suara secara keseluruhan menurut Ketua KPU Kabupaten Kendal, Hevy Indah Oktaria mengatakan, Pasangan Calon (Paslon) bupati dan wakil bupati nomor urut satu, Dico M Ganinduto dengan Windu Suko Basuki memperoleh 279.632 suara. Kemudian pasangan nomor urut dua, Ali Nurudin dengan Yekti Handayani, memperoleh 214.299 suara dan pasangan nomor urut tiga, Tino W dengan Mustamsikin memperoleh 74.371 suara.

Ketua KPU Kendal, Hevy Indah Oktaria

 

“Jumlah keseluruhan surat suara sah dan tidak sah 596.437, dengan rincian jumlah suara sah sebanyak 568.302 suara, dan jumlah suara tidak sah sebanyak 28.135 suara,” terangnya.

Hevy menambahkan, tentang penetapan jika tanpa pemohonan perselisihan hasil pemilihan akan ditetapkan, setelah Mahkamah Konstitusi secara resmi memberitahukan permohonan yang teregistrasi dalam Buku Registrasi Perkara Konstitusi (BRPK) pada KPU.

“Ini sebagai dasar kalau di daerah yang terkait tidak terjadi perselisihan hasil pemilihan,” jelasnya.

Kalau ada perselisihan, lanjut Hevi, maka harus menunggu pascaputusan Mahkamah Konstitusi paling lama 5 hari setelah salinan penetapan, putusan dismissal atau putusan MK diterima oleh KPU.

“Jadi, tahapan dan jadwal penyelesaian perselisihan hasil pemilihan, menyesuaikan jadwal penyelesaian sengketa di Mahkamah Konstitusi,” tandasnya.

 

(A. Khozin)

Leave a Reply