Karding Sebut Temanggung Sebagai “Desa Jokowi”

Karding di Klimbungan Ngadirejo

TEMANGGUNG, delikjateng.com – Wakil ketua tim kampanye nasional (TKN) Abdul Kadir Karding menyebut seluruh desa di Temanggung yang terdapat petani tembakau, telah mendukung pasangan calon presiden dan wakil presiden nomer urut 01. Bahkan mereka menyebut dan menamakan desanya dengan sebutan “Desa Jokowi”.

“Seluruh desa tembakau sudah dukung pak Jokowi,” ucap Karding disela-sela launcing Desa Jokowi di Gudang Tembakau Limbungan, Kecamatan Nadirejo, Rabu (20/3).

Menurutnya, maksud dari Desa Jokowi tersebut merupakan wujud desa-desa di Temanggung mayoritas ialah petani dan pelaku usaha tembakau. Merekapun bersepakat untuk memenangkan pasangan Joko Widodo dan KH Ma’ruf Amin dengan suara minimal 80 persen.

“Hampir 80 persen penduduknya tergantung pada tembakau dan ini adalah tanah yang khusus untuk di tanami tembakau. Oleh karena itu kami berharap pemerintah bukan menghapuskan tapi justru menjadikan potensi ekonomi untuk mereka,” terangnya.

Karding juga menyatakan bahwa banyak negara-negara maju yang justru memanfaatkan tembakau sebagai sumber perekonomian yang memiliki nilai tinggi.

“Contohnya di Kuba, sigar tembakau di kelola menjadi cerutu dan akhirnya terkenal sebagai negri cerutu. Kami ingin, karena Indonesia kualitas tembakaunya bagus maka justru dapat dikembangkan jadi potensi ekonomi yang dapat mensejahterakan rakyat,” bebernya.

Pihaknya pun mengaku berkomitmen untuk mengembangkan dan mencarikan solusi terhadap berbagai masalah tentang pertanian tembakau yang selama ini melanda para petani.

“Insyaallah pak Jokowi akan bekerja dan berusaha mencari solusi untuk mengembangkan tembakau ini,” ujarnya.

Disinggung maslah persaingan pasar internasional, dirinya juga berharap dapat meningkatkan harga cukai impor ke Indonesia. “Harus ada setandar harga, kemudian Cukai yang besar itu harus dibagikan kembali kepada petani,” tegas Politisi PKB itu.

Dirinya juga berharap agar pemerintah bersama pelaku usaha tembakau dan pabrik-pabrik yang berhubungan dengan tembakau untuk bisa duduk bersama dalam mengatasi maslah petani soal harga tembakau yang sering kali tidak stabil.

(Suchafif)

ads

Related posts

Tinggalkan Balasan