KAPAN PELANTIKAN WALI IKOTA DAN WAKIL WALIKOTA PEKALONGAN TERPILIH ? INI PENJELASAN PEMPROV JAWA TENGAH

Calon Walikota dan Calon Wali Walikota Pekalongan terpilih H. Achmad Afzan Arslan Djunaid – H. Salahudin, STP

Pekalongan, Delik Jateng.com  – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah hingga saat ini belum memutuskan jadwal pelantikan kepala daerah terpilih hasil Pilkada Serentak 2020, apakah akan digelar sesuai jadwal atau ditunda pelaksanaannya. Padahal, ada 17 Kepala Daerah Kabupaten/Kota yang berakhir masa jabatannya pada tanggal 17 Februari 2021, termasuk di Kota Pekalongan

Sampai saat ini kami Pemprov Jateng belum menjadwalkan. Karena masih menunggu kepastian dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri),” ungkap Kepala Biro Pemerintahan, Otonomi Daerah dan Kerjasama Provinsi Jawa Tengah, Muhamad Masroti, S.Sos MSi, saat dikonfimasi Delik Jateng.com melalui ponselnya, Selasa pagi, 09 Februari 2021.
Meski belum memastikan jadwal, kata Masrofi, Pemprov Jawa Tengah sedang menyusun rencana pelantikan bupati/Walikota sesuai jadwal awal yakni pada 17 Februari 2021. “Kita masih terus berkoordinasi dengan Kemendagri. Tetap diupayakan on schedule,” tandasnya.

Dijelaskan, Mendagri sudah mengeluarkan surat tertanggal 3 Februari 2021 Nomor : 120/5402/Otonomi Daerah, soal kemungkinan adanya pengunduran pelantikan. Dimana intinya, Gubernur diminta untuk menunjuk Sekda Kabupaten/Kota sebagai Pelaksana Harian (Plh) Kepala Daerah agar tidak terjadi kekosongan pimpinan pemerintahan daerah Kabupaten/kota.
“Kalau diundur (pelantikan), maka Sekda akan ditunjuk sebagai Plh agar tidak terjadi kekosongan jabatan” imbuh Masrofi.

Sementara sesuai dengan surat Menteri dalam Negeri (Mendagri) nomor :
212/5401/otonomi daerah, tertanggal 26 Januari 2021, pelantikan Kepala Daerah hasil pemilihan 2020, akan dilaksanakan serentak se-Indonesia. Karena akan dibarengkan, maka masih menunggu daerah lain yang sengketa di MK. Total ada 132 permohonan gugatan hasil sengketa pilkada di MK. Berdasarkan surat Mendagri. pembacaan putusan gugatan sengketa pemilihan di MK baru akan dilakukan 19-24 Maret 2021.

Di Kota Pekalongan, masa akhir jabatan Walikota Pekalongan, H.M. Syaelani Makhfud, SE akan berakhir pada 17 Februari 2021. Sementara berdasarkan hasil Pilkada yang digelar 09 Desember 2020 lalu, pasangan H. A. Afzan Arslan Djunaid, SE – H.Salahudin, STP telah dinyatakan terpilih sebagai Walikota dan Wakil Walikota Pekalongan yang diusung koalisi PDI Perjuangan – PPP – PAN dan HANURA mengalahkan rivainya yakni Hj. Balgis Diab – Makhrus.

( Istiadi / Eddy. S )

Leave a Reply