CLOSING STATEMEN ELEGAN UMAT TANDAI SELESAINYA DEBAT TERBUKA PILKADA BLORA 2020

Debat Publik Paslon Bupati Blora

Blora, delikjateng.com –  Pilkada Blora telah memasuki kegiatan debat pasangan calon (paslon), yang dilaksanakan di hotel Kyriad ARRA Cepu, pada hari rabu (25/11/2020).

Dalam sambutannya ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Mohammad Khamdun S.Pd.i,  Blora menyampaikan bahwa masa pelaksanaan kampanye sampai dengan saat ini telah dilaksanakan dengan baik dan menaati protokol kesehatan.

“Saya ucapkan terimakasih kepada Paslon karena pada tahapan demi tahapan Pilkada sudah mematuhi aturan protokol kesehatan Covid 19.” Ucap Khamdun.

Seluruh paslon berkesempatan hadir dalam acara debat ini, yaitu Dwi Astuti dan Reza Yudha (ASRI), Arief rohman dan Tri Yulianti (ARTYS) serta Umi khulsum dan Agus Sugiyanto (UMAT).

Acara debat ini dipimpin oleh, Dr. H. Umar Ma’ruf,SH.,Sp.N.,M.,Hum, (Wakil Rektor Unisula) sebagai moderator

Acara dimulai dengan penyampaian visi dan misi masing masing paslon, paslon ASRI mengedepankan visinya yaitu Terciptanya sistem tata kelola baru sebagai lompatan kemajuan dalam mengejar ketertinggalan, Demi terwujudnya Blora yang Maju,hebat dan bermartabat, beserta misinya.

Sedangkan paslon ARTYS menyampaikan visi Sesarengan Mbangun Blora) Unggul dan Berdaya Saing, dengan langsung menyampaikan program kerjanya, penyampaikan visi misi ditutup oleh paslon UMAT yang menyampaikan visi Terwujudnya masyarakat Kabupaten Blora yang mandiri, maju, sejahtera, dan bermartabat, beserta 4 (empat) misi yang menjadi unggulannya.

Ada yang menarik mengenai tanggapan 3(tiga) paslon mengenai Judicial Review (JR) tentang UU nomor 33 tahun 2004 yang salah sarunya mengatur Dana Bagi Hasil (DBH) Migas, dimana ketiga paslon sama-sama berupaya memperjuangkan tentang JR DBH Migas, tapi paslon No. 03 (UMAT) menambahkan statemen yang menarik yaitu dengan memberikan solusi pengoptimalan DBH lain yang sudah ada untuk meningkat dari tahun ketahun sembari memperjuangkan JR DBH Migas ini.

Pertanyaan tentang stunting kepada masing masing cawabup juga menarik, dimana ketiga paslon mempunyai jurus masing masing dalam menghadapi stunting, paslon ASRI mengedepankan tentang kesehatan gizi saat mengandung dan pasca melahirkan, paslon ASRI mengutamakan tentang peningkatan posyandu sampai Rumah Sakit sedangkan paslon UMAT lebih mengedepankan prefentif dari hulu permasalan dengan sosialisasi penanganan pernikahan dini dimana juga ditambah oleh peningkatan sarana prasarana kesehatan.

Hal menarik juga disampaikan pada waktu pernyataan penutup (closing statement) dimana paslon ASRI menyampaikan pantun dalam bahasa Jawa, sedangkan paslon UMAT menyampaikan untuk kekompakan dalam mbangun blora.

Pasangan UMAT dalam hal ini, Cabup Umi Khulsum menutup dengan pernyataan yang elegan untuk mengajak untuk berpesta Demokrasi dengan mengutamakan LUBER dan JURDIL serta ajakan untuk masyarakat Blora bersatu untuk meninggalkan permusuhan dan perbedaan untuk bersama sama membangun Blora.

Acara debat terbuka pilkada Blora 2020 ini sendiri berjalan aman dan sangat mengedepankan protokol kesehatan dengan melakukan pengecekan suhu serta membatasi jumlah kehadiran untuk memasuki area debat.

(Arief.W)

Leave a Reply