Pertambangan Galian C di Kecamatan Kemalang Diduga Langgar Aturan. Dinas Terkait,“Kemana”?

Lokasi penambangan galian C

Klaten, delikjateng.com- Keberadaan penambangan galian C di Desa Sidorejo,Tegalmulyo, Tlogowatu Kecamatan Kemalang, Kabupaten Klaten, sudah sangat meresahkan warga sekitar.

Pasalnya, truk pengangkut hasil tambang tersebut aktivitasnya hingga tengah malam sehingga mengganggu kenyamanan dan ketentraman masyarakat sekitar.

Selain itu, dua penambang yaitu PT Brigma Mandiri Pratama dan PT Aditama Sakti Perkasa, diduga tidak memiliki Surat Izin Pertambangan Daerah(SIPD).
“Kedua PT tersebut diatas, seperti yang tertulis di papan nama, tertulis izin usahanya untuk perkebunan,”kata warga berinisial BAR.

Menurut BAR, melihat izin yang dimiliki oleh kedua PT tersebut, jelas kedua PT itu melanggar aturan yang ada. Untuk itu pihaknya meminta dinas terkait segera melakukan tindakan kepada kedua PT tersebut.
“Seandainya kedua PT tersebut sudah berizin, pengangkutan material umumnya mulai jam 08.00 s/d 16.00 Wib. Tapi kenyataannya dalam pelaksanaannya, pengangkutan material sampai pukul 23 .45 Wib,” terang BAR.

Untuk itu, BAR meminta dinas terkait dan aparat hukum segera turun tangan menghentikan kegiatan penambangan dan memberikan sanksi kepada kedua PT tersebut, jika benar- benar ditemukan adanya pelanggaran.

Warga juga kawatir bahwa, jika penambangan itu terus beroperasi, pada musim kemarau warga akan kesulitan air, dan pada musim penghujan dimungkinkan akan terjadi tanah longsor.
“Hukum harus ditegakkan. Hukum jangan seperti pisau tajam kebawah dan tumpul keatas, ” terang BAR.

Sementara itu, salah satu penjaga tambang yang ada dilokasi, yang akan dimintai keterangan terkait masalah ini, mengaku bahwa dirinya tidak tahu menahu atas penambangan ini.

(Tim)

Leave a Reply