Peresmian Pasar Rakyat Banjarejo Blora Oleh Menteri Perdagangan

Peresmian Pasar Rakyat Banjarejo Blora

Blora – Kementerian Perdagangan berkomitmen memperkuat ekonomi kerakyatan dengan melakukan program revitalisasi pasar rakyat. Program ini merupakan salah satu dari tiga mandat Presiden Joko Widodo kepada Kementerian Perdagangan .

Rangkaian kunjungan kerja Menteri Perdagangan Republik Indonesia Drs.Agus Suparmanto,SE diwilayah Kabupaten Blora Jawa Tengah,kali ini Rabu, (29/01/2020) pagi mengunjungi pasar rakyat Sido Makmur Blora, kunjungan kedua dilanjutkan peresmian di Pasar Rakyat Kecamatan Banjarejo Blora.

Agenda kunjungan ini adalah untuk meresmikan pasar rakyat di Kecamatan tersebut. Warga nampak antusias menyambut kedatangan menteri beserta rombongan, bahkan secara khusus panitia setempat telah menyiapkan Seni Barongan dan Seni Tari Samin khas Blora untuk menyambut menteri beserta rombongan.

Hadir dalam kegiatan tersebut Gubernur Jateng Yang di Wakili Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Bupati Blora H.Djoko Nugroho, wakil bupati H.Arief Rohman,M.Si, Kapolres Blora AKBP Antonius Anang,S.I.K.,M.H, Dandim 0721/Blora Letkol Inf.Ali Mahmudi,SE serta jajaran Forkompinda lainnya.

Djoko Nugroho menyampaikan, konsep pembangunan/revitalisasi pasar rakyat tidak hanya sekedar pembenahan bangunan fisik, tetapi juga nonfisik yang terkait dengan pengelolaan pasar dan integrasi dengan sektor-sektor lain. “Pembenahan secara fisik tentunya dapat meningkatkan citra dan kesan buruk terhadap pasar rakyat yang semula kumuh, becek, dan kotor menjadi bersih dan nyaman untuk dikunjungi, tetapi juga harus didukung dengan revitalisasi nonfisik yang meliputi revitalisasi manajemen, revitalisasi ekonomi, dan revitalisasi sosial,” tandasnya .

Selain itu, lanjut Djoko, Pasar Rakyat yang dulu hanya buka disaat pasaran hari saja,saat ini sudah memiliki Standar Nasional Indonesia (SNI) yang menjadi rujukan bagi pengelola pasar dalam mengelola dan memberdayakan komunitas pasar secara optimal dan profesional.

Dalam sambutannya menteri perdagangan mengucapkan terimakasih dan mengapresiasi atas sambutan yang telah di berikan dalam kunjungan kerja di Kabupaten Blora Jawa Tengah, “Kami ucapkan terimakasih dan apresiasi kepada pemerintah daerah Kabupaten Blora,”ucap menteri.

Secara khusus menteri perdagangan menilai baik upaya revitalisasi pasar yang dilakukan oleh pemerintah kabupaten Blora, dimana dalam pembangunan dan pemindahan pasar dapat berjalan aman dan lancar, tanpa ada konflik dengan masyarakat, khususnya pedagang. Peresmian pasar secara simbolis dilakukan oleh Menteri Perdagangan dengan memotong pita di pintu depan pasar didampingi oleh Forkompinda Blora

“Dengan pengelolaan pasar rakyat yang semakin baik, maka pasar rakyat akan semakin kompetitif dan menjadi tempat yang nyaman bagi masyarakat untuk berbelanja kebutuhan sehari-hari “, tutupnya .( Arif )

Leave a Reply