BLT DD Kecamatan Bogorejo Cair

BLT DD

Blora, delikjateng.com – Adanya wabah penyebaran pandemi Corona Virus Disease  2020 (Covid-19) sangat dirasakan dampaknya oleh masyarakat desa terutama bagi kehidupan sosial dan ekonomi. Dalam rangka penanganan dan penyebaran pandemi Covid-19 khususnya di desa, pemerintah melalui penggunaan dana desa akan menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) kepada penduduk miskin di desa.

Pemerintah Daerah melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Blora, menyerahkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) Tahap Dua kepada 1.719 Kepala Keluarga (KK) di Kecamatan Banjarejo .

Proses penyerahan bantuan langsung tunai (BLT) ini dilaksanakan di Kantor Kecamatan Bogorejo dengan dihadiri Camat,Kapolsek,Kades, dan para pendamping desa setempat,Kamis (2/7/2020)

Penyerahan BLT Dana Desa kepada setiap Keluarga Penerima Mamfaat (KPM) tersebut,tetap mengedepankan protokol kesehatan Covid-19.

Kadis PMD Kabupaten Blora Haryanto mengatakan, sasaran penerima adalah keluarga miskin non penerima Program Keluarga Harapan (PKH), atau Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dan bantuan lainnya .

“Hari ini saya serahkan BLT-DD Tahap Kedua sebesar 600 ribu rupiah. Harapannya semoga dana tersebut dapat digunakan untuk mencukupi kebutuhan dan dapat meringankan beban ekonomi masyarakat,” katanya .

Ia menuturkan, rumah tangga yang masuk kriteria itu, diantaranya yang  kehilangan pencaharian akibat dampak pandemi Covid-19, belum terdata serta memiliki keluarga yang rentan sakit menahun (kronis).

“Harapan kami, kepada seluruh pemerintah desa untuk segera menyalurkan BLT Dana Desa ini, sehingga bisa membantu dan meringankan beban masyarakat akibat Covid-19,” ujarnya

Total jumlah penerima manfaat BLT-DD di wilayah Kecamatan Bogorejo sebanyak 1.719 KK dari total 14 desa dengan pencairan melalui Perumda BPR Bank Blora Artha .

“Kami mengucapkan terima kasih kepada pemerintah desa yang telah bekerja keras menyelesaikan tahapan demi tahapan mulai dari pendataan calon penerima hingga telah menyalurkan BLT-DD ke Keluarga Penerima Manfaat,sehingga masyarakat dapat segera merasakan manfaat dan membantu meringankan ekonomi masyarakat,” pungkasnya .

(Arief.W)

Leave a Reply