Trobosan Anak Bangsa : Tehnologi Sederhana Mesin Bending Pipa

Trobosan Anak Bangsa Tehnologi Sederhana Mesin Bending Pipa.

Solusi pembuatan Freezer kapal

Kendal, delikjateng.com . Mahasiswa Politeknik Negeri Semarang kembangkan teknologi bengkel pada mesin bending pipa, alat yang diberi nama SIFIPA ini merupakan solusi dari permasalahan yang di dihadapi CV Indotama.

CV Indotama merupakan salah satu UKM yang bergerak di bidang fabrikasi alat bantu produksi, salah satunya adalah melakukan usaha pembuatan pipa evaporator yang digunakan sebagai freezer kapal nelayan untuk mengawetkan ikan.

Sebelumnya UKM tersebut menggunakan alat konvensional yang mana penekukan nya dilakukan dengan dorongan tenaga manusia, untuk mengoperasikannya dibutuhkan tenaga yang besar yaitu sekitar 3-5 orang Padahal produktivitas manusia bersifat tidak stabil dan cenderung Mengalami penurunan.

Besarnya tenaga yang dibutuhkan membuat pekerja kelelahan dan tingkat produktivitas menurun. padahal untuk satu kapal dibutuhkan sekitar 1000 – 2000 pipa tergantung ukuran kapal

Dengan Project sebesar itu jika memakai alat konvensional pasti memakan waktu yang lama, biaya, tenaga kerja yang dikeluarkan juga banyak.

“Dengan SIDIPA ini akan membantu Mitra dalam jam waktu pengerjaan, tentunya juga terkait dengan tenaga kerja, yang jelas lebih efektif dan efisien”, jelas Royyal Ketua tim PKM kepada delikjateng.com

Dengan bimbingan Ariawan Wahyu Pratomo, tim PKM bidang penerapan teknologi yang diketuai oleh Ilham Fathur Aryyan ini berhasil menemukan solusi pembuatan pipa evaporator secara efektif dan efisien.

Bersama chaesar hari Yulianto, Feby Nur Husaini dan Tria Agustini, tim ini memanfaatkan motor listrik sebagai pengganti tenaga manusia, hal ini ditujukan guna mengurangi tenaga kerja serta untuk mendorong pipa ketika proses penekukan sedang berjalan.

Sistem kerja SIDIPA menjadikan motor listrik sebagai penggerak utama untuk memutar roll penekuk pipa dengan metode compression bending, motor akan menggerakkan roll sebagai bending die yang kemudian berputar mengitari roll tetap sehingga pipa dapat terbentuk sesuai dengan cetakan roll tetap, daya input mesin menggunakan listrik rumahan, Selain itu SI DIPA dapat digunakan untuk mem-bending besi-besi lainnya sesuai dengan roll yang dipakai.
Mesin ini juga menghasilkan tekukan yang dapat diatur sudutnya menggunakan limit switch.

Alat yang diserahkan kepada Mitra, Pada hari Kamis 26 Juni 2019 ini menurut Royyan, diharapkan mampu meningkatkan kapasitas produksi, mempersingkat waktu produksi, menghemat biaya tenaga kerja dan meningkatkan ergonomi. sehingga sangat cocok apabila digunakan dalam jangka panjang untuk pembuatan produk massal.

(A.Khozin.)

ads

Related posts

Tinggalkan Balasan