Resmi Ditutup, Animo Pengunjung Pameran Buku Meningkat

Penutupan Pameran Buku Pekalongan

Pekalongan, delikjateng.com – Pameran buku Kota Pekalongan tahun 2019 yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Pekalongan melalui Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Dinarpus) resmi ditutup. Tingkat animo pengunjung mengalami peningkatan dibanding tahun sebelumnya. Hal itu disampaikan oleh Kepala Dinarpus Kota Pekalongan melalui Kepala Bidang Perpustakaan, Ade Hawati saat menghadiri acara Penutupan Pameran Buku Kota Pekalongan 2019 di Gor Jetayu, Selasa Malam (30/4/2019).

“Pameran Kota Pekalongan tahun 2019 untuk kali ini ada peningkatan dengan berbagai acara dimana dimulai dari tanggal 24-30 April 2019. Setiap harinya diadakan kegiatan baik kegiatan lomba maupun kegiatan talkshow serta pendukung lainnya melibatkan siswa dari SD hingga Perguruan Tinggi, masyarakat umum serta forum-forum yang bekerjasama dengan Dinarpus untuk berpartisipasi dalam kegiatan literasi tersebut. Alhamdulillah tingkat pengunjung ada peningkatan dibandingkan tahun lalu, pembeli buku juga mengalami kenaikan,” tutur Ade.

Diterangkan Ade, pelaksanaan pameran buku tahun ini diadakan dalam memperingati Hari Buku Sedunia pada tanggal 23 April yang lalu.

“Meskipun anak-anak libur karena ada ujian namun tidak menyurutkan animo anak-anak dan masyarakat Kota Pekalongan ntuk berkunjung ke Pameran Buku dan membeli buku dengan harga murah dalam rangka meningkatkan minat baca masyarakat Kota Pekalongan,” terang Ade.

Untuk menarik pengunjung, Dinarpus mengedarkan informasi lewat leaflet ke sekolah-sekolah mulai dari SD hingga Perguruan Tinggi, masyarakat dan jajaran OPD.

“Harapannya mudah-mudahan pelaksanaan pameran buku tahun depan ada peningkatan lagi dan lebih meriah, banyak inovasi kegiatan baru agar masyarakat berbondong-bondong berkunjung sehingga mendukung kegiatan minat baca tetap diminati masyarakat,” harap Ade.

Sementara itu, Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik, Tjuk Kushindarto yang hadir mewakili Walikota Pekalongan, menyampaikan apresiasi kepada semua pihak yang telah menyukseskan pameran buku Kota Pekalongan tahun 2019.

“Kami sangat mengapresiasi kepada Dinarpus Kota Pekalongan, Netral Organizer, seluruh pengisi pameran dan semua pihak yang telah berupaya menyelenggarakan pameran buku ini sehingga bisa berjalan tertib, aman dan lancar. Kami juga berterimakasih kepada masyarakat atas partisipasinya yang telah berkunjung ke pameran buku,” kata Tjuk.

Tjuk juga mengimbau kepada masyarakat Kota Pekalongan untuk tetap membudayakan membaca buku dan memanfaatkan Perpustakaan Daerah guna meningkatkan wawasan.

“Kami juga menghimbau kepada para guru, kepala sekolah dan seluruh masyarakat pada umumnya. Meskipun pameran buku ini telah berakhir, kita harus tetap membudayakan membaca. Mari kita manfaatkan Perpustakaan Kota Pekalongan dimana bisa mencari buku dan meminjam buku yang pada akhirnya anak-anak didik kita agar bisa menjadi insan yg berbahagia dan berguna bagi bangsa dan negara. Dengan membaca buku, wawasan dan pemahaman kita akan berkembang,” jelas Tjuk.

Pada penutupan acara pameran buku, dilakukan penyerahan hadiah lomba-lomba diantaranya lomba da’i cilik, lomba hafidz Qur’an, lomba mewarnai, lomba membaca puisi, lomba karaoke dan juga pengundian doorprize.

(Tasurun)

ads

Related posts

Tinggalkan Balasan