Proyek Gedung Puskesmas Brangsong Mangkrak

Proyek Puskesmas Brangsong Kendal yang terbengkalai

Liputan Tim Biro Kendal

KENDAL,delikjateng.com – Proyek Pembangunan Puskesmas Brangsong, Kabupaten Kendal, terkesan mangkrak. Proyek yang didanai APBD senilai Rp 2,6 milyar hanya berupa kerangka betonisasi,
sehingga layanan puskesmas Brangsong selama setahunan dipindahkan operasionalnya ke salah satu rumah warga dan Puskesmas Pembantu ( Pustu).

Lokasi Pustu terpisah dengan jarak hampir 1 kilometer dari lokasi puskesmas semula yang terletak di Jalan Soekarno-Hatta, Kendal. Gedung puskesmas itu dalam pembangunan kembali karena dipandang sudah tidak memenuhi syarat.

Namun Plt Dinas Kesehatan Kendal membantah jika dikatakan pembangunan puskesmas Brangsong mangkrak. Tapi prosesnya dilakukan secara bertahap, yakni tahun 2016 lalu di anggarkan sebesar Rp 2,6 Milyar.
“ Kemudian dilanjutkan di tahun 2017. Insya Alloh bulan ini di lelang via ULP,” kata Yani, Plt Dinas Kesehatan Kendal yang dikutip mcwnews.

Dia menambahkan, meski gedung puskesmas dalam pembangunan namun pelayanan kepada pasien tetap berjalan sebagaimana biasanya. Sebagai ganti telah mengontrak rumah serta menggunakan Pustu guna operasional. “Sewanya Rp 3 juta setiap bulan. Tapi kita juga pakai pustu untuk pelayanan rawat jalan,” imbuhnya.

Menanggapi hal itu, Ketua Gerakan Nasional Pemberantasan Korupsi (GNPK) Jawa Tengah, Mastur Darori menyesalkan cara Pemerintah Kendal dalam melakukan perencanaan pembangunan. Selama ini banyak gedung tidak dapat difungsikan dengan baik, bahkan banyak yang mangkrak.

“Itu sama dengan korupsi , menghambur-hamburkan uang Rakyat. Makanya perlu segera diusut tuntas oleh pihak penegak hukum setempat ,” tegasnya.

Sebagaimana diketahui, Gedung Puskesmas Brangsong Kendal yang terletak di jalan Pantura Timur Kendal, operasional layanan pasien dipindahkan ke rumah warga karena Gedung Puskesmas Brangsong lama diambrukan untuk dibangun gedung yang baru.Setelah berjalan satu tahun, proyek pembangunan Puskesmas tersebut belum kunjung usai dan hanya berupa kerangka beton.

ads

Related posts

Tinggalkan Balasan