Polisi Ulujami Bantu Warga Bongkar Puluhan Makam

Polisi Ulujami Bantu Warga Bongkar Puluhan Makam. Foto hendri alfsrizi
Polisi Ulujami Bantu Warga Bongkar Puluhan Makam. Foto hendri alfsrizi

Liputan Hendri Alfarizi

PEMALANG (delikjateng.com) – Sejumlah polisi dari Polsek Ulujami, Pemalang, berjibaku di tengah pemakaman umum di Desa Wiyorowetan, Kecamatan Ulujami, Pemalang pada Selasa siang. Cuaca terik tak menyurutkan gerak kaki dan tangan para anggota polisi menggali puluhan makam lama.
Kata Kapolsek Ulujami, AKP Bowo Widiyanto, upaya itu untuk memindahkan puluhan makam yang berada di dekat pintu gerbang masuk Desa Wiyorowetan, ke Tempat Pemakaman Umum (TPU) desa setempat berupa lahan baru di sana.

“Ini namanya gotong royong saja. Bersama warga memindahkan 65 makam di tempat pemakaman umum yang berada di dekat pintu gerbang,” katanya.

Makam mulai dibongkar sekitar pukul 07.00 WIB. Selanjutnya, puluhan tengkorak yang dikeluarkan dipindah dan dijadikan satu dengan TPU lain yang berjarak sekitar 60 meter
.
Dengan cara gotong royong, pemindahan makam bisa cepat selesai, dan ada interaksi dengan warga langsung semakin dekat dengan warga.

Sementara itu Kepala Desa Wiyorowetan, Susyati menjelaskan, pembongkaran dan pemindahan tersebut sudah melalui mekanisme rembuk desa dan sosialisasi kepada ahli waris.

“Pembongkaran makam dilakukan secara manual oleh tenaga kuli dengan menggunakan cangkul. Kemudian, jenazah yang sudah diangkat diganti dengan kafan baru untuk dimakamkan di tempat pemakaman umum lainnya,” kata kades.

Proses pembongkaran makam tersebut didampingi para ahli waris dan berjalan lancar. Adapun kedatangan Kapolsek Ulujami bersama anggota terjun langsung ke TKP, dalam rangka mengamankan proses pemindahan.

Menurut informasi warga setempat, pemerintah desa akan menjadikan tanah bekas makam seluas kurang lebih 1.400 m2 tersebut sebagai taman atau ruang terbuka hijau (RTH).

ads

Related posts

Tinggalkan Balasan