Pemkot Pekalongan Sambangi Pos Pengamanan Idul Fitri

Pemkot Pekalongan
Sambangi Pos Pengamanan Idul Fitri

Budaya mudik seolah-oloh sudah menjadi sebuah sakral di hari lebaran tidak berkumpul keluarga dan famili bagaikan dunia mati”,
Tentang pulang mudik tidak lepas dari pantau Pemerintah daerah setempat yang dilalui Lalulintas pulang mudik,
Terpantau melalui Dinas Perhubungan”,

Namun pada hari Sabtu(1/06/2019
Semua jajaran pejabat Pemkot Pekalongan
Sambangi Pos Pengamanan Idul Fitri 1440 H Kota Pekalongan

Walikota Pekalongan,
Wakil Walikota Pekalongan bersama jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), dan Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kota Pekalongan melakukan pemantauan ke pos-pos pengamanan (pospam) dan rest area jalur mudik di Kota Pekalongan, Sabtu (1/6/2019). Pospam Idul Fitri 1440 H yang disambangi secara langsung yakni Pos Pacar Tirto, Pos Taman Hiburan Rakyat (THR), Pos Matahari, Pos Brimob (rest area), dan Pos Induk Dinas Perhubungan di depan Terminal Kota Pekalongan.

Walikota Pekalongan, HM Saelany Machfudz SE mengungkapkan bahwa kondisi arus mudik di Kota Pekalongan ini aman dan terjaga. Untuk posisi tertinggi pada Kamis (30/5/209) karena adanya kemacetan di jalan tol. “Dimungkinkan ini masih bisa tinggi lahi melihat pada hari ini Aparatur Sipil Negara (ASN) masih harus berangkat mengikuti Upacara Hari Lahir Pancasila,” terang Saelany.

Saelany menambahkan, pada hari ini anak sekolah juga masih berangkat. Saelany simpulkan bahwa mulai nanto Sabtu sore (1/6/2019) jalanan sudah mulai ramai. “Pada tahun kemaren terjadi ledakan pada H-2, kita masih akan terus pantau agar mudik lancar, aman, dan terkendali,” jelas Saelany.

Menurut Saelany kesiapan pos-pos dengan berbagai fasilitasnya sudah sangat baik. Bahkan untuk rst área di Pos Brimob fasilitasnya lengkap. Para pemudik dapat memanfaatkan rest area di Pos Brimob untuk beristirahat. “Mungkin banyak yang belum tau jika di Pos Brimob ini ada rest area yang sangat nyaman. Mari mudik dengan hati-hati dan bisa istirahat di Kota Pekalongan,” tutur Saelany.

Kepala Bidang Lalu Lintas Dinhub Kota Pekalongan, Muhammad Restu Hidayat SSiT MT menjelaskan kepada rombongan pemantauan bahwa Jalan Pantura dan di Jalan Dalam Kota Pekalongan ramai lancar, Dinhub Kota Pekalongan mengupdate data jumlah kendaraan yang melintas untuk mengetahui tingkat kepadatan lalu lintas serta melakukan pemantauan melalui Area Traffic Control System (ATCS). Pihaknya telah memetakan sejumlah titik rawan kemacetan saat arus mudik Lebaran 2019 di Kota Pekalongan seta menyiapkan jalur alternatif untuk para pemudik agar tidak terjebak kemacetan.

“Dinhub Kota Pekalongan mengerahkan personil-personil yang ditempatkan di pospam yang dilengkapi dengan traffic counting untuk menghitung volume kendaraan selama 24 jam,” tandas Restu.

ads

Related posts

Tinggalkan Balasan