Pakta Integritas di Pelantikan Perangkat Desa Penanggulan

Pelantikan Perangkat Desa Penanggulan
Pelantikan Perangkat Desa Penanggulan

KENDAL, delikjateng.com – Dalam pelaksanaan Pelantikan Perangkat Desa yang di lakukan Senin (08/01) tadi pagi, menarik karena di dalam acara ada pembacaan dan penandatangan pakta integritas dari perangkat desa baru. Pelantikan dilakukan oleh Kades Penanggulan, Ria setianingsih,A.MD Keb,S.PSI,S.Pd, disaksikan Badan Permusyawaratan Desa (BPD), Rukun Tetangga/Rukun Warga (RT/RW) dan dari Rohaniawan.

Adapun Perangkat Desa yang di lantik yaitu Achmad Rifki jabatan sebagai Sekretaris Desa, Rohani jabatan sebagai KAUR Tata Usaha dan Umum, Dan Faisol Anas jabatan sebagai KAUR Perencanaan.

Isi pakta integritas ada sembilan poin, dibacakan dan tandatangani. Hal itu sebagaimana dibacakan sekretaris desa baru Achmad Rifki,Yaitu “Akan berperan secara pro aktif dalam upaya pencegahan dan pemberantasan korupsi, kolusi, dan nepotisme (KKN) serta tidak melibatkan diri dalam perbuatan tercela.

Kemudian tidak akan meminta atau menerima pemberian secara langsung atau tidak langsung yang berupa suap, hadiah, bantuan, atau bentuk lainya yang tidak sesuai dengan ketentuan yang belaku. Akan berksikap loyal, transparan, jujur, obyekstif dan akuntabel dalam melaksanakan tugas dan menghindari pertentangan kepentingan (conflict of interest) dalam pelaksanaan tugas.Serta memberi contoh dalam kepatuhan terhadap peraturan-peraturan perundang-undangan dalam melaksanakan tugas dan fungsi sebagaimana peraturan perundang-undangan yang berlaku,” ujarnya.

Pakta intgritas bertujuan untuk memberikan contoh dalam kepatuhan terhadap peraturan dan perundang-undangan dalam melaksanakan tugasnya. Juga kepada segenap aparatur pemerintah desa yang berada di bawah pengawasannya secara konsisten, dan akan menyampaikan informasi penyimpangan integritas kepada kepala desa serta turut menjaga kerahasiaan saksi atas pelanggaran peraturan yang dilaporkannya serta akan bekerja dengan sungguh-sungguh dalam mendukung visi-misi kepala desa untuk menjadikan Desa Penanggulan lebih maju lagi

Apabila nanti dalam tugasnya melakukan pelanggaran, mereka harus siap menerima konsekuensinya berupa sanksi sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku,” tuturnya

Sementara itu Kepala Desa Ria Setianingsih menambahkan, bekerja keras selama dua bulan lamanya tim penjaringan dan inilah hasilnya adalah saat ini. Ria setianingsih berharap samoga dengan di lantiknya perangkat Desa yang baru yang sekarang mengisi kekosong bagian yang ada,Bisa lebih memajukan lagi Desa penanggulan untuk lebih maju dan semoga perangkat Desa yang baru kedepan bisa melaksanakan tugasnya sesuai dengan tugasnya masing masing.

(Novi)

ads

Related posts

Tinggalkan Balasan