Oknum ASN Inspektorat Kendal Diadukan Ke Polisi Usai Jabat Pj Desa Plantaran

Kantor Insprektorat Kendal

Kendal, delikjateng.com. Mantan Penjabat (Pj) Kepala Desa Plantaran Kaliwungu Selatan BA diadukan oleh salah satu perangkatnya Iin Setyawati SH yang menjabat sebagai Kaur TU dan Umum ke Polisi, pasalnya BA diduga telah menahan dan tidak memberikan gaji siltap yang menjadi haknya.

Penasihat Hukum dari pelapor, Sutiyono SH, saat di konfirmasi oleh delikjateng.com membenarkan tentang berita tersebut, bahwa dirinya sebagai kuasa hukum dari perangkat desa bernama Iin Setyawati SH, Kaur TU dan Umum desa Plantaran yang telah melaporkan oknum Pj Kepala Desa Plantaran ke Polisi.

“Kami sudah melengkapi berkas laporanya waktu itu pada hari rabo, 27/05/20 dan sudah diterima oleh pihak Polisi, aduanya langsung kepada Kapolres Kendal,” terang Sutiyono SH. dari LBH Berantas PPDRI didampingi oleh Totok Hariyanto SH serta anggota lainya.

Selanjutnya Sutiyono menerangkan bahwa,
Selain menahan siltap, BA selaku Pj Kepala Desa juga tidak mengusulkan saudari Iin Setyawati dalam pencairan siltap di bulan berikutnya, yaitu bulan maret, april dan mei 2020, praktis selama 5 bulan saudari Iin tidak menikmati haknya.

“Saudari Iin Setyawati SH ini masih sah secara UU sebagai perangkat desa Plantaran, kenapa dalam surat usulan pencairan siltap dibulan maret, april dan mei kepada Camat, nama dia tidak tercantum, sedangkan perangkat lainya lengkap tercantum,” terang Sutiyono SH.

Selain itu, BA selaku Pj Kepala Desa juga bertindak sewenang-wenang dengan memindahkan posisi saudari Iin ke tempat yang tidak sesuai dengan tupoksinya,
Pj Kepala Desa juga sengaja mengisolasi saudari Iin, caranya dengan tidak melibatkan saudari Iin Setyawati dalam setiap kegiatan apapun selama Pj Kades Plantaran menjabat.

Terpisah, Kanit II Reskrim Polres Kendal, IPTU Kusfitono SH.MH. ketika dicegat usai gelar perkara menolak memberikan keterangan

“Ke pak Kasat saja, kalau saya kurang pas,” kata perwira ramah ini.

Seperti kita ketahui bahwa terlapor adalah seorang ASN Inspektorat Kendal, bernama BA, menjabat sebagai Pj Kepala Desa sekitar 6 bulan di desa Plantaran.

Ketika awak media ini meminta tanggapanya terkait laporan bawahanya, Iin Setyawati SH sebagi Kaur TU dan Umum, BA menjelaskan bahwa untuk siltap yang dua bulan, januari dan pebruari dananya ada di penanggung jawab kegiatan (PK) Azizah, tinggal ambil.

Sedangkan untuk tuduhan tidak mengusulkan pencairan siltap di bulan berikutnya, yaitu maret, april, mei, BA menjelaskan, tidak diusulkanya Saudari Iin karna dia mendapat laporan dari bendahara, tentang niat tidak baik saudara iin.

“Saya dapat laporan dari bendahara, kalau dalam siltap berikutnya, saudari iin mengancam tidak akan menanda tanganinya,” jelas BA kepada media ini.

“Aturanya, kalau ada yang tidak menandatangani satu saja, konsekwensinya LPJ nya menjadi tidak sah, kalau LPJ tidak sah, maka siltap tidak akan cair, dan itu merugikan yang lain, apalagi waktu itu menjelang lebaran, makanya saudara iin tidak di ikutkan,” tambah BA.

(A.khozin)

Leave a Reply