Meski Ada Yang Diprotes Warga, 83 Kades Hasil Sistem E-Voting Dilantik

PEMALANG,delikjateng.com -Bupati Pemalang HM,Jumaedi,SH.,MM melantik 83 Kades Hasil Sistem E-Voting. Kini kembali melanjutkan langkah Inovatif dengan penyelenggaraan Pilkades E-Voting berbasis E-Verifikasi setelah sukses di tahun 2016 lalu.

Bupati HM,Jumaedi,SH.,MM dalam sabutannya menyampaikan, Pilkades senrentak Kabupaten
Pemalang, ditahap pertama berdasarkan Pedoman Perbup No 1. tahun 2015. dan Perda perubahan No 6 tahun 2017, berikut Perbup No 36 tahun 2015, itu Perbup contoh, adalah Pilkades Coblosan/manual yang digunakan Pilkades e-voting di 18 desa pada tahap pertama se-Kecamatan Taman taggal 2 Seprember 2018 yang lalu.

Semua Desa yang tengah menempuh proses hukum, karena dianggap tidak sah‎ lantaran cacat hukum, tetap dilantik Bupati sebagai kades terpilih untuk masa Jabatan 2019-2024. Kepala Desa terpilih meliputi 14 Kecamatan Kabupaten Pemalang, di tahap awal dan tahap akhir putaran 1-X. Dilantik menurut masa akhir jabatan per- Desember. Dari 83 kepala desa yang dimaksud adalah Kades terpilih, masa jabatan 2019-2024 diseluruh Kabupaten Pemalang.

Bupati meminta agar kades terpilih bekerja maksimal mengemban amanah dan tanggung jawab. “Pekerjaan pertama harus menata masyarakat yang mungkin terpecah usai pemilihan lalu. Rangkulah mereka dengan tulus dan jadikan mitra,” pesan Bupati.

Mekanisme e-voting yang sudah berjalan sejak 2016 lalu, dan 2018 kembali lakukan pilkades serentak e-voting di 172 Desa. Pemerintah siap berkomitmen penuh untuk terus mempertahankan sistem yang sudah baik ini.

Bupati juga minta penyelenggaraan pemerintah desa lebih akuntabel, karena dukungan sistem dan keseimbangan antara pemerintah desa dan lembaga desa. Hal itu penting untuk mencegah terjadinya penyimpangan yang bisa menimbulkan implikasi hukum bagi para pengelola.

(mochamad komaruddin)

ads

Related posts

Tinggalkan Balasan