Meriahkan HUT RI di Pekalongan ASN Gelar Poco-Poco, SPTI Gelar Lomba Tarik Bis

Pekalongan-DJ. Dalam rangka menyemarakkan HUT RI ke-74, Ratusan Aparatur Sipil Negara (ASN) dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kota Pekalongan dan instansi vertikal lainnya mengikut senam aerobik dan poco-poco di Halaman Setda Kota pekalongan, Jumat (16/8/2019). Selain itu, Dinas Kesehatan Kota Pekalongan melalui Pos Pembinaan Terpadu Penyakit Tidak Menular (Posbindu PTM) membuka pemeriksaan kesehatan gratis

Usai senam dan melakukan pemeriksaan kesehatan, Sekda Kota Pekalongan, Sri Ruminingsih SE MSi mengajak jajaran ASN dan masyarakat di Kota Pekalongan untuk ikut berolahraga bersama agar menjadi pribadi yang sehat dan kuat. Sesuai dengan tema yang diusung pada HUT ke-74 RI ini SDM Unggul Indonesia Maju, tentunya untuk mewujudkan SDM yang unggul dibutuhkan jasmani yang sehat. “Selain berolahraga pemeriksaan kesehatan secara rutin juga harus dilakukan,” tutur Sri Ruminingsih.

Menurut Sri Ruminingsih, dengan fisik yang sehat ASN akan mampu melayani masyarakat Kota Pekalongan dengan baik, lebih maksimal memberikan pelayanan. “Fasilitas kesehatan diberikan untuk ASN sampai dengan masyarakat kurang mampu, makan jangan sampai lupa untuk memeriksakan kesehatannya,” ujar Sri Ruminingsih.

Rangkaian kegiatan Peringatan HUT RI telah digelar sejak Selasa (13/8/2019) yakni lomba-lomba (tarik tambang, bakiak, balap karung, olah raga tradisional, dan olah raga difabel) dan pertandingan sepak bola bersarung Jago Kapok. Pada hari ini selain senam aerobik dan poco-poco bersama digelar pula Sidang Paripurna Istimewa DPRD Kota Pekalongan mendengarkan Pidato Kenegaraan Presiden RI dalam rangka HUT 74 Kemerdekaan RI. Kemudian pada Jumat malam akan dikukuhkan dan pemberian penghargaan Satya Lencana Karya Sastra bagi Barisan Generasi Muda Pengibar Bendera serta Apel Kehormatan dan Renungan Suci di Taman Makam Pahlawan.

Sementara itu, rangkaian kegiatan di Hari Peringatan Kemerdekaan RI selain upacara peringatan detik-detik proklamasi juga akan dilaksanakan pemberian remisi kepada narapidana.

SPTI

Sedangkan Serikat Pekerja Transportasi Indonesia (SPTI) Kota Pekalongan bekerjasama dengan Pengurus Terminal Kelas IIA Kota Pekalongan menggelar lomba tarik bus, bertempat di halaman terminal setempat, Jumat (16/8/2019).

Kemeriahan terlihat saat para peserta berusaha adu cepat menarik bus yang bobotnya hingga puluhan ton ditambah teriakan demi teriakan dari para penonton silih berganti di tengah riuh peserta.

Ketua SPTI Kota Pekalongan, H. Ardi, mengungkapkan perlombaan tersebut ini secara perdana dilakukan untuk memeriahkan HUT RI-ke 74 yang diikuti oleh seluruh pengurus SPTI dan Pegawai Terminal yang juga melibatkan para awak bus, pedagang asongan, pengurus PO bus, dan para tukang ojek yang sehari-hari bekerja disekitar Terminal Kelas IIA Kota Pekalongan.

“Diikuti peserta sekitar 30 orang dan perlombaan dimulai sejak pukul 08.00. Untuk lomba tarik bus 1 team terdiri dari 5 orang, mereka beradu cepat menarik bus yang bobotnya puluhan ton, memang tidak mudah untuk menariknya butuh tenaga yang ekstra dan kekompakan tentunya ,” ucap Ardi.

Dituturkan Ardi, bus kosong tersebut ditarik sejauh 10 meter dan team yang berhasil menarik dengan durasi waktu tercepat keluar sebagai pemenangnya.

“Lomba tarik bus ini memang unik dan jarang diadakan, tadi team yang tercepat menarik bus dari team PO Coyo PATAS dengan waktu hanya 15 detik,” ujar Ardi.

Lebih lanjut, kata Ardi, selain lomba tarik bus, diadakan pula beragam perlombaan lain diantara lain lomba tarik bus, lomba joget berpasangan, lomba gigit koin, lomba pukul air dalam plastik, lomba makan kerupuk, dan sebagainya.

“Rangkaian HUT RI di terminal dimulai sejak tanggal 16-18 Agustus, perlombaan hari ini, untuk tasyakuran pada Jumat sore pukul 16.00, malam hiburan Minggu, 25 Agustus pukul 19.00 di area parkir,” papar Ardi.

Di lain pihak, mewakili Koordinator Satuan Layanan Pelayanan Terminal Kelas IIA Kota Pekalongan yang berhalangan hadir, Taufik Pujo Eddy selaku PPNS (Penyidik Pegawai Negeri Sipil), Taufik Pujo Eddy, mengaku apresiasi dan terimakasih atas terselenggaranya perlombaan dalam memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-74 di kawasan Terminal Kelas IIA Kota Pekalongan yang diprakarsai oleh SPTI setempat.

“Kegiatan ini dipelopori oleh Pengurus SPTI Kota Pekalongan, kami selaku pihak terminal dan petugas Kemenhub membantu memfasilitasi dan memberi ruang agar perayaan ini dapat berjalan lancar dan meriah,” kata Taufik.

Taufik menilai kegiatan perlombaan semacam ini juga dapat menjadi ajang silaturahmi sekaligus mengakrabkan komunikasi antar pegawai dan mendukung program-program terminal ke depannya.

“Kegiatan ini bagus sekali dan kami sangat mengapresiasi, harapan ke depan kegiatan ini dapat bisa ditingkatkan lebih meriah dan semarak lagi, terlebih bisa rutin diadakan,” pungkas Taufik.

(Tasurun)

ads

Related posts

Tinggalkan Balasan