Masjid Al Muttaqin Kendal Sembelih Hewan Kurban, di Temanggung Temukan Cacing Hati

penyembelihan hewan kurban
penyembelihan hewan kurban

KENDAL, delikjateng.com -Pelaksanaan penyembelihan hewan Qurban di Masjid besar AL Muttaqin, Kaliwungu, Kabupaten Kendal di laksanakan di hari kedua, Sabtu (2/9). Sementara itu di Temanggung, Dinas Peternakan dan Perikanan menemukan hewan kurban terserang cacing hati.

Salah satu panitia kurban di Masjid Al Muttaqin Kaluwungu, Muh na’in (42) Krajan kulon, saat di konfirmasi Wartawan Delikjateng.com mengatakan, penyembelihan hewan Qurban dilaksanakan hari ke dua karena soal waktu. ” Kalau kita laksanakan kemarin (Jumat) waktunya tidak cukup, di sini masjid besar, Jam 10.00 saja sudah banyak yang persiapan untuk menunaikan sholat Jum’at,” ujarnya

Pada kurban kali ini jumlah hewan yang di titipkan ke masjid Al muttaqin Kaliwungu menurun, dari yang biasanya sapi 9 ekor kambing 23 ekor, kini hanya Sapi 4 ekor dan Kambing 13 ekor.

” Pembagian hewan Qurban kita prioritaskan dua Desa, Kutoharjo dan Desa Krajan kulon Kaliwungu. Itupun tidak semua mendapatkan karna sudah pasti tidak cukup,” katanya.

Pendataanya RT memberikan data kepanitia,setelah itu data akan di cek lagi agar pemberian daging di berikan kepada yang benar benar membutuhkan, juga yang belum mendapatkan. Selain itu dari panitia juga akan mencari dukuh mana yang tidak ada Qurban dan akan diberikan.

Sementara itu di Temanggung, Dinas Peternakan dan Peternakan menemukan hewan kurban terserang cacing hati. Temuan tersebut diamankan untuk dimusnahkan, karena berbahaya jika dikonsumsi.

Temuan terjadi saat petugas mengecek penyembelihan hewan kurban di Kelurahan Kowangan. Ditemukan beberapa ekor sapi dalam kondisi tidak sehat, tiga ekor diantaranya mengidap cacing hati masih dalam kondisi hidup.

Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan Temanggung, Slamet Saryono mengatakan, setidaknya tiga bulan sebelum dikorbankan, sudah diberi obat agar sapi terbebas dari cacing hati.(novi/sigit purnomo)

Leave a Reply