KKG-PAI Gelar Lomba Mapsi Tingkat Kabupaten Kendal

MAPSI

KENDAL, delikjateng.com – Kelompok Kerja Guru – Pendidikan Agama Islam (KKG-PAI) Kendal Menggelar lomba Mata Pelajaran Pelajaran Agama dan Seni Islami (MAPSI) Sekolah Dasar ke 20 tingkat Kabupaten di halaman PT Pertani, Kaliwungu Selatan ,Sabtu (21/10).

Kegiatan Lomba ditandai pemukulan gong oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kendal Drs. Agus Rifai ,M.Pd. Kegiatan yang di gelar di bawah terik matahari ini juga di hadiri jajaran Kementerian Agama Kabupaten Kendal , OPD Dinas Pendidikan Kabupaten Kendal, Muspika Kaliwungu Selatan, UPTD pendidikan seKabupaten Kendal juga masyarakat umum dan wali murid.

Dalam sambutanya Agus Rifai memberikan apresiasi kepada KKG sebagai penyelenggara acara dan kepada seluruh siswa -siswi serta guru pendamping yang tetap semangat mengikuti lomba meskipun dalam kondisi panas terik ,

” Dengan kekompakan dan persatuan antar guru MAPSI baik guru agama maupun non agama , inilah contoh pembentukan karakter, bagi siswa siswi di Kendal ini, saya berharap dari kegiatan ini peningkatan karakter ahklak dan Budi pekerti semakin meningkat dari tahun ke tahun, sehingga kelak menjadi generasi yang berguna bagi Nusa dan bangsa, serta siap menjadi pemimpin.” Terangnya

Dalam kegiatan tersebut juga diisi pembagian piala dan penyematan PIN kehormatan kepada siswa berprestasi pada Lomba MAPSI SD tingkat kecamatan yang di gelar tanggal 30 September hingga 17 Oktober 2017 lalu.

Lomba MAPSI SD ini ikuti oleh 20 Kecamatan seKabupaten Kendal hasil seleksi perlombaan tingkat kecamatan beerapa waktu sebelunya, dengan jumlah 36 khafilah dan 11 guru pendamping setiap kecamatan.

Dua bidang yang dilombakan yakni, Lomba bidang mata pelajaran , yang meliputi 19 Cabang dengan peserta lomba berjumlah 11 orang siswa putra dan putri terbagi dalam 5 rumpun. Serta Bidang Lomba Seni Islami, meliputi 22 cabang yang di ikuti oleh 25 siswa putra dan putri dan terbagi dalam 6 rumpun.

Juara satu lomba MAPSI SD ini nantinya akan dikirim sebagai Duta Kabupaten Kendal dalam Lomba MAPSI tingkat Provinsi tanggal 3 sampai 5 November 2017 mendatang di Sukoharjo,

Sedangkan Ketua KKG -PAI Kabupaten Kendal dalam sambutanya menyampaikan harapannya untuk bisa meningkatkan prestasinya di Banding tahun sebelumnya ,” Kemarin kita kan juara 4 tingkat Provinsi , jadi minimal besok kita harus lebih baik, juara 3, juara 2 , syukur-syukur bisa juara satu, ”

Tujuan diadakan Lomba MAPSI adalah sebagai tolok ukur penerapan kurikulum PAI SD dan kurikulum muatan lokal baca tulis Huruf Al-Quran. Juga meningkatkan pengamalan ibadah sholat dan menggairahkan belajar Al-Quran pada siswa didik SD, meningkatkan Akhlakul Karimah ( Budi pekerti luhur) sebagai pembentukan karakter dan memupuk persatuan kesatuan antar peserta SD, menumbuh kembangkan ketrampilan hidup (life skill) ekonomi kreatif dan cinta seni islami, serta mencari bibit unggul sebagai Duta Kabupaten pada Lomba MAPSI tingkat Provinsi Jawa Tengah

Mengingat manfaatnya dalam membangun pendidikan karakter siswa, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan maupun Ketua KKG-PAI Kabupaten Kendal menyampaikan harapannya supaya kegiatan ini di respon oleh kementrian terkait di pusat supaya bisa dilaksanakan secara Nasional dari seluruh Indonesia.

(Arno)

ads

Related posts

Tinggalkan Balasan