HUT RI Kota Pekalongan usung Peningkatan SDM

Acara Teras Walikota

Pekalongan–DJ. Menyambut Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Republik Indonesia (RI) yang mengusung tema Sumber Daya Manusia (SDM) Unggul, Indonesia Maju, Pemerintah Kota Pekalongan bersama jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Derah (Forkopimda), Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), organisasi masyrakat/ organisasi pemuda, pelajar/mahasiswa/akademisi, Kelompok Informasi Masyarakat (KIM), Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI), dan berbagai elemen masyarakat Kota Pekalongan mendiskusikan berbagai hal terkait perayaan HUT RI yang dikemas dalam acara Teras Walikota di Guest House Jalan Bahagia No 17, Kota pekalongan, Kamis (15/8/2019).

Diungkapkan Walikota Pekalongan, HM Saelany Machfudz SE bahwa keinginan Pemerintah Kota Pekalongan terkait tema HUT ke-74 RI yakni SDM Unggul Indonesia Maju yakni mewujudkan pembangunan SDM, peningkatan IT, Skill SDM salah satunya dengan bimbingan teknis, kursus baik formal maupun nonformal. “Komitmen ini didukung dengan Kota Pekalongan sebagai Kota Kreatif Dunia yang salah satu indikator Kota Kreatif adalah memiliki SDM yang unggul. Jadi tak hanya pembangunan infrastruktur tapi juga SDM untuk menghadapi tantangan ke depan,” tutur Saelany.

Menurut Saelany, peringatan HUT RI bukan milik pemerintah saja tetapi seluruh masyarakat. Untuk itu pemkot mengupayakan bahwa partisipasi menyeluruh baik birokrat maupun masyarakat, kegiatan tidak hanya dilaksanakan secara seremonial birokrat semata, melainkan sampai ke tingkat kelurahan hingga di kampung-kampung. “Ini sebagai salah satu bentuk penghargaan generasi saat ini kepada para pahlawan yang telah berjuang memerdekaan Indonesia dulu,” papar Saelany.

Bentuk penghormatan memaknai perjuangan para pahlawan terdahulu adalah partisipasi yang nyata dari masyarakat Kota Pekalongan mulai dari pengibaran bendera untuk menumbuhkan nasionalisme. Kemudian menghias kampung, termasuk lomba gapura/seketeng tingkat Kota Pekalongan ataupun nasional.

“Ini berarti warga masyarakat secara bergotong-royong menunjukkan kreativitasnya dalam desain gapura semenarik mungkin, menunjukkan kekhasan budaya Kota Pekalongan melalui batik, gunungan wayang ,dan sebagainya serta dibalut dengan semangat nasionalisme. Selain itu juga memanfaatkan daur ulang sampah untuk menghias gapura atau seketeng di kampung mereka,” tandas Saelany.

Perwakilan LVRI Kota pekalongan, Tambunan menambahkan bahwa memaknai tema HUT RI SDM Unggul Indonesia Maju tidaklah cukup. Menurutnya selain unggul, SDM juga haruslah tangguh. “Unggul bukanlah sekadar mahir dalam hal teknologi namun di dalamnya harus ada ketangguhan dari akhalan yang dimiliki oleh manusia. Di dalamnya harus memiliki pribadi yang berakhlak mulia serta mencintai tanah air,” tandas Tambunan.

Sementara itu, Komandan Kodim 0710, Letkol Inf Arfan Johan Wihananto menekankan bahwa sumber daya manusia Kota Pekalongan haruslah unggu. Bagi Arfan ini menjadi pilar utama untuk memajukan Indonesia. Berbicara kekayaan alam dan berbagai hal yang dimiliki Indonesia, Arfan meminta agar masing-masing orang berusaha untuk berjuang mulai dari keluarganya membentuk manusia yang unggul.

Selain Komandan Kodim )710 Pekalongan dan perwakilan LVRI Kota Pekalongan, turut menjadi narasumber dalam Teras Walikota HUT ke-74 RI Pekalongan Rahat, Asisten Pemerintahan, Drs R Doyo Budi Wibowo MM dan Wakapolres Pekalongan Kota, Kompol I Wayan Tudy Subawa.

(TASURUN).

ads

Related posts

Tinggalkan Balasan