BAWASLU KENDAL GANDENG MEDIA UNTUK SOSIALISASIKAN PROGRAMNYA

Komisioner Bawaslu Kendal memimpin Rakernis dengan media tahun 2019.

Kendal, delikjateng.com – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Kendal Jawa Tengah, mengadakan Rapat Kerja Teknis dengan media tahun 2019 Selasa (3/9/2019), di ruang merak wisata Tirto Arum Baru Jalan Soekarno- Hatta Kendal, Tepat Pukul 10.00 WIB,
Acara dibuka secara resmi oleh Ketua Bawaslu Kabupaten Kendal Odelia Ami Wardayani S.Sos.

Hadir dalam acara tersebut Ketua Bawaslu Odelia Amy Wardani, S.Sos berikut 3 Komisioner yaitu, Arief Muthofifin, S.H.I ( Kordiv Data dan informasi), Wahidin Said, S.H.i. MH. ( Kordiv Pengawasan, Hubungan Masyarakt dan Hubungan antar Lembaga), Firman Teguh Sudibyo ( Kordiv Penyelesaian sengketa), Hadir jua Kepala Sekertarian Bawaslu, Sri Wahyuning, Ketua PWO H. A. Khozin berserta anggotanya serta Ketua PWI Agus Umar beserta Anggotanya seta Mahasiswa Yang tergabung di dalam Imaken UIN Walisongo Semarang.

Dalam sambutan, Ketua Bawaslu Kendal Odelia Ami Wardayani S.Sos mengatakan bahwa diadakannya Rakernis Bawaslu dengan media adalah bertujuan untuk menjalin komunikasi dan kerjasama dalam penyampaian program-program Bawaslu kepada masyarakat luas, mengingat posisi media yang sangat penting dan strategis, di butuhkan sebagai simbiosis mutualis, Bawaslu perlu hadirnya Media untuk mensosialisasikan program apa yang telah dan akan dilakukan oleh bawaslu, Disisi lain, Media butuh sumber berita Apalagi menjelang berlangsungnya Pilkada Kabupaten Kendal pada tahun 2020 ini.

Arief Musthofifi S.H.I. ( Kordiv Data dan Informasi) sedang menyampaikan materinya.

” Bawaslu sangat berkepentingan dalam menyampaikan program-programnya kepada masyakat sehingga masyarakat memahami proses Pilkada dari awal hingga akhir. Di sini, media massa memegang peran yang sangat penting dan strategis”, kata Odelia.

Sementara itu, Wahidin Sa’id S.H.I.MH ( Kordiv Pengawaaan Humas dan Hubungan antar lembaga) dalam penyampaian materinya berupa Rangkaian proses Pemilu tahun 2019 mengatakan bahwa dari banyaknya permasalahan dalam proses Pemilu 2019, Bawaslu telah melakukan tugas pengawasannya, satu diantaranya yaitu melakukan pengawasan dan Udate data pemilih.

Menurut Wahidin Sa’id, Bawaslu menemukan banyak sekali adanya data pemilih ganda sehingga Bawaslu menyampaikan rekomendasi kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kendal untuk melakukan Update data pemilih sehingga tidak terjadi pemilih ganda.

” Selain itu, terkait dengan kotak suara yang terbuat dari karton, juga menjadi permasalahan tersendiri karena memerlukan perlakuan khusus “, kata Wahidin.

Selanjutnya Firman Teguh Sudibyo ( Kordiv Penyelesaian Sengketa) mengatakan bahwa dalam pelaksanaan Pemilu 2019 tidak terjadi sengketa atau zero sengketa karena tidak ada satu pihakpun yang mengajukan surat permohonan penyelesaian sengketa.

Firman menambahkan bahwa sebenarnya Bawaslu telah melakukan sosialisasi terkait dengan sengketa pemilu kepada partai politik peserta pemilu, namun hingga akhir proses pemilu tidak ada pihak yang mengajukan surat keberatan hasil pemilu.

Sementara itu, Arif Mustofifin S.H.I. ( Kordiv data dan informasi ) menyampaikan materi pemberitaan yang terkait dengan pengawasan Pileg maupun Pilpres Tahun 2019, serta diluncurkanya Buletin Bawaslu Kendal dan Website baru.

Arief juga menambahkan, dengan di launching nya buletin Bawaslu Kendal dan Website Bawaslu Kendal, Arif memberi kesempatan kepada pihak media yang ingin ikut menitipkan tulisanya baik itu artikel, Karya Ilmiah, ataupun puisi maupun cerpen.

“Akan kami beri ruang untuk sumbangan tulisan maksimal 8000 karakter”, tutup Arief.

A. Khozin

ads

Related posts

Tinggalkan Balasan