Akibat Cuaca Buruk, KM Indah Kris Tenggelam di Perairan Pemalang

kapal mengalami kebocoran di bagian haluan
Kapal mengalami kebocoran di bagian haluan

PEMALANG, delikjateng.com – KM Indah Kris.GT milik Indah Sulartiningrum Jakarta Pusat, tenggelam di perairan wilayah Kabupaten Pemalang, Minggu (10/9). Tidak ada korban dalam musibah itu, tapi menimbulkan kerugian miliaran rupiah.

Kapal yang dinahkoda Adi Wicaksono (43) th, asal Sidakarya, Denpasar itu, berlayar dari pelabuhan pantai Mutiara pada hari jum’at, 8 sept 2017 dengan tujuan Lamongan.

Sampai di perairan indramayu, kapal diterjang ombak besar dan cuaca yang kurang bersahabat. Mengetahui hal itu nahkoda berusaha untuk menghindari cuaca buruk dan meneruskan perjalanan, namun sampai di perairan utara pemalang mengalami kebocoran di bagian haluan kapal.

Nahkoda beserta ABK berusaha melakukan pengurasan dg cara memasang alkon pompa air di bagian depan, dibantu menguras air secara manual dengan tetap melayarkan kapal menepi. Dia juga berusaha menyiarkan kondisi kapal melalui siaran marabahaya pada radio komunikasi kapal, namun tidak ada balasan dari kapal lain.

Sekira pukul 15.00 wib di utara perairan Comal dengan posisi 6°24’894″ LS 109°37’900″ BT, ditolong oleh dua kapal nelayan KM Sri Rejeki dan KM Sekar Pawitan yang saat itu posisi di utara perairan Comal.

Nahkoda KM Indah Kris beserta abk dibantu oleh awak kapal sri rejeki dan sekar pawitan berusaha mengevakuasi kapal menuju ke tepi dan menyelamatkan barang barang.

Namun pada posisi 6°38’587″ LS 109°34’016″ BT tali penarik yang digunakan untuk menarik km indah kris ke tepi putus, upaya penyambungan tali dan penarikan kembali tidak dapat dilakukan karena kondisi perairan yg kurang bersahabat.

Nahkoda beserta abk Indah Kris dibawa oleh KM sri rejeki dan KM sekar pawitan menuju ke dermaga TPI Mojo pada Minggu, sekira pukul 04.00 wib. Mereka sampai di TPI Mojo dalam kondisi selamat.

Bahkan nahkoda dapat menyelamatkan surat surat kapal dan data kepemilikan kapal serta sejumlah barang. Diduga peristiwa itu karena cuaca buruk.

Menurut keterangan,  kapal tersebut adalah kapal pesiar yang baru di beli dari pulau Mutiara, yang akan di bawa ke daerah surabaya. Namun karam di lautan utara pemalang.(rae kusnanto)

Leave a Reply