Adi Rustanto Didaulat Selesaikan Persoalan Tambang Galian C di Donowangun

Adi rustanto

 

PEKALONGAN,delikjateng.com -Keluhan puluhan warga terdampak tambang galian C di Desa Donowangun dan Kalirejo, Kecamatan Talun, Kabupaten Pekalongan  mendapat perhatian Anggota Komisi E Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Tengah, Adi Rustanto.

 

Kepada Adi Rustanto, sejumlah warga menyatakan selama ini merasa terusik dengan adanya eksplotasi penambangan galian C disana. Karena aktifitas penambangan Galian C di desa itu selain dinilai merusak lingkungan, juga merusak kondisi jalan desa dan rawan menimbulkan kecelakaan.

 

” Jalan desa kami sempit, dan banyak dilalui truk pengangkut tanah. Itu menjadikan sangan rentan terjadi resiko kecelakaan,” kata mereka.

 

Dengan kehadiran Adi Rustanto, mereka berharap dapat membantu memperlancar proses permohonan penghentian aktivitas penambagan galian C. Gubernur Ganjar Pranowo juga diharapkan menindaklanjuti tuntutan masyarakat dua desa

 

” Kami juga khawatir, jika penambangan galian C itu tidak secepatnya dihentikan, bisa menimbulkan konflik antara sebagian besar warga yang yang menolak penambangan, dengan para pelaku penambang,” timpal warga yang lain.

 

Sementara itu Kepala Desa Donowangun, Makmur, mengatakan sudah ada lima titik lokasi yang sudah dijadikan penambangan galian C di desanya. ” Luas areal yang ditambang saat ini sudah mencapai sekitar 80 hektare, sehingga kondisi ini akan mengancam kehidupan lingkungan warga Desa Donowangun dan Kalirejo,” katanya.

 

Atas keluh kesah itu, Adi Rustanto mengatakan, bersedia membantu melakukan mediasi warga dengan Pemerintah Provinsi Jateng, sepanjang hal tersebut telah merupakan kesepekatan warga serta diketahui oleh pemerintah desa. Yang dia pesankan warga berkomitmen menjaga tindakan anarkis, tetapi harus melalui prosedur yang dibenarkan oleh peraturan.

 

” Saya didaulat oleh warga saat melakukan silaturahmi pada warga di dua desa itu,” kata  anggota DPRD Jateng dari Daerah Pemilihan 13 yang meilputi Kabupaten Pemalang, Kabupaten/Kota Pekalongan, dan Batang tersebut.

 

(nt)

ads

Related posts

Tinggalkan Balasan