Rugikan Rp 103 Miliar, Dua Tersangka Korupsi BKK Pringsurat Ditahan

ilustrasi korupsi

TEMANGGUNG,delikjateng.com – Kejaksaan Negeri (Kajari) Temanggung, menahan dua tersangka korupsi BKK Pringsurat, Kabupaten Temanggung, Rabu (26/9) siang tadi. Mereka adalah Mantan Direktur Utama, Suharno, dan Mantan Direksi, Riyanto.

Kasi Pidsus Kejaksaan Negri Temanggung, Sabrul Imam SH dalam keterangannya kepada wartawan mengatakan, Penahanan dilakukan atas dasar petimbangan subjektif dan objektif dalam pasal 21 ayat 1, yaitu tersangka dikhawatirkan melarikan diri, merusak atau menghilangkan barang bukti, khawatir mengulangi tindak pidana, atau tersangka diancsm dengan tindak pidana penjara lebih dari 5 tahun.

“ Kalau pertimbangan objektif karena tersangka telah diduga memenuhi ketentuan pasal 2, pasal 3, pasal 18 undang – undang 31 itu memenuhi syarat untuk ditahan. Yang kedua karena kita telah melaporkan laporan perkembangan penyidikan, dan kita melakukan gelar perkara di kejaksaan tinggi, untuk mempercepat penyidikan,” katanya.

Para tersangka akan di tahan oleh kejaksaan Negri Temanggung selama 20 hari ke depan dan bisa diperpanjang. Tidak menutup kemungkinan apabila berdasarkan fakta memenuhi unsur pidana, akan ditetapkan tersangka baru berdasarkan ketentuan SOP

Sementara itu Kepala Kejaksaan Negri Temanggung, Fransiska Juariah SH menjelaskan, dalam kasus tersebut telah memeriksa 14 saksi, serta surat dan dokumen sejumlah 415 dokumen, menyatakan tersangka telah merugikan negara sejumlah Rp 103 milyar lebih.

Total aset yang akan disita dari anggunan macet tidak sesuai dengan SOP sejumlah Rp 42 Milyar dan dokumen lainnya akan di inventarisir terlebih dahulu. Diharapkan kerugian sebanyak Rp 103 Milyar lebih bisa di kembalikan.

“ Nanti kalau tim intelejen menemukan aset recoveri kita akan himpun lagi, mungkin nilainya akan bertambah untuk mengejar uang pengganti,” tambahnya

Dalam kasus tersebut tersangka akan dikenakan pasal 2 ayat 1 junto pasal 3 junto pasal 18 ayat 1 huruf B Undang – Undang Nomor 31 Tahun 1999 dengan ancaman hukuman maksimal 15 tahun penjara.

(Suchafif)

ads

Related posts

Tinggalkan Balasan