KPU Jateng Loloskan Tiga Caleg Koruptor

 

sosialisasi dan Evaluasi Pemilu 2019

SEMARANG,delikjateng,com – Tiga Calon Legislatif (Caleg) Mantan Narapidana Koruptor lolos jadi Caleg di DPRD Provinsi Jawa Tengah.

Anggota KPU Jawa Tengah, Iwan yang menjelaskan, dari ribuan Caleg di Jawa Tengah, ada 3 caleg mantan napi koruptor yang bisa mencalonkan diri Caleg di DPRD Jateng,” Ketiga Caleg Mantan Koruptor tersebut berasal dari Daerah Pemilihan.Pati, Rembang dan Blora,” ungkapnya dalam sosialisasi dan Evaluasi Pemilu 2019 di Semarang.Selasa, (18/12).

Iwan tidak bisa berbuat apa-apa, karena itu sesuai keputusan Mahkamah Agung. Mereka gugatannya menang di MA, maka secara hukum dibolehkan mencalonkan .

Sementara itu Pihak Kesbangpol Jawa Tengah, Ibnu yang selama ini mengamati perkembangan Pemilu saat ini menegaskan agar Rakyat Pemilihlah yang harus cerdas dalam menggunakan hak pilihnya. Para Caleg Koruptor harus disampaikan ke Masyarakat agar Mereka tidak salah memilih.

” kalau nggak dipilih khan tidak bakal jadi,”ujarnya.

Ditempat terpisah Sekretaris Gerakan.Nasional Pemberantasan Korupsi (GNPK) Jawa Tengah , Rahmat Da’wah merasa prihatin.atas masih adanya Caleg di Jawa Tengah yang berasal dari Mantan Koruptor. Namun Rahmat juga mengapresiasi atas keberanian pihak KPU untuk menghadang pencalonan.Para Koruptor.

Semangat KPU itulah yang harus diapresiasi untuk mensterilkan para caleg yang berasal dari Napi Koruptor, dan mestinya jika Pemerintah betul-betul serius memberantas Korupsi bisa dibuatkan Perpu yang melarang Koruptor menjadi Caleg,” tandasnya.

Jumlah total caleg sebanyak 1.374 di Provinsi Jawa Tengah, hanya 3 Caleg Koruptor yang lolos yaitu MDSR, WRST dan MNH yang dicalon salah satu Partai Politik. Sedangkan larangan Caleg Koruptor ini sempat ramai diberitakan sesuai PKPU Nomor 20/2018 yang dikalahkan oleh Putusan MA No. 46 P/ HUM/ 2018 yang membolehkan Para Mantan Koruptor mencalonkan diri.menjadi.Anggota DPRD dan DPR RI.

(rd)

ads

Related posts

Tinggalkan Balasan