Direktur PWP dan Kanit PT Tour And Travel Bumi Phala Ditahan

Kajari Temanggung, F.Juwariyah SH
Kajari Temanggung, F.Juwariyah SH (foto suchafif)

TEMANGGUNG, Delikjateng.com –Mantan Direktur Pikatan Water Park (PWP), K dan Kanit Pt Tour And Travel Bumi Phala Temanggung, HW, akhirnya ditahan Kejaksaan Negeri (Kejari) Temanggung, Senin 30/10). Mereka menjadi tersangka penyimpangan dana sebesar Rp 662 juta.

Kepala Seksi Tindak Pidana Khusus Kejari Temanggung, H. Suheli, SH mengatakan, ke dua tersangka itu harus mempertanggung jawabkan keuangan, masing-masing tersangka HW,  kanit tour and travel sebesar 6.062.000.000, dan mantan direktur PWP, K meminjam ke BKK Pringsurat untuk menutupi hutang.

“ Mudah – mudahan habis ini kita ada tingkat penyidikan ke BKK,” katanya.

Kepada mereka akan diterapkan pasal 2 dan 3, jo 18 untuk kekayaan diri sendiri, dan jo 55 untuk tindak bersama-sama.

Setidaknya dalam kurun waktu tahun 2016 – 2017, setiap oprasional kepala unit tour and travel, K melakukan kasbon (hutang) induk perusahaannya, yaitu dari Bumi Phala kepada BKK Pringsurat tanpa agunan. Pada setiap selesai kegiatan perjalanan, dilakukan penagihan sebagian besar pengguna jasa tersebut sudah melakukan pelunasan melalui rekining BNI.

Kapala unit tour and travel yang memegang buku tabungan BNI, sering melakukan pengambilan uang tanpa seizin dari induk perusahaan PD Bumi Phala. Dengan alasan untuk uang muka biaya oprasional, sehingga hampir setiap kegiatan perjalanan yang dilakukan oleh unit tour and travel tanpa laporan keuangan yang jelas.

Kepala Kejaksaan Negri (Kajari) Temanggung, F. Juwariyah, SH menjelaskan, mulai hari ini (Senin 30/10) ke dua tersangka akan ditahan dan dititipkan ke LP Temanggung dengan jeratan pasal korupsi. Keduanya nanti akan disidang di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (tipikor) di Semarang.

(Suchafif Nur Rochman/narto)

Leave a Reply