Unjuk Rasa Pekerja PT Wana Awet Mas

unjukrasa,demo
pekerja PT Wana Awet Mas,menggelar aksi unjuk rasa

Liputan Achmad K Rafael

TEMANGGUNG,delikjateng.com – Ratusan pekerja PT Wana Awet Mas di Jalan Kranggan-Pringsurat, Kabupaten Temanggung, menggelar aksi unjuk rasa. Mereka selain menuntut upah selama diliburkan sejak 21 Juni 2017, juga kejelasan nasib sehubungan rumor akan perpindahan kepemilikan perusahaan.

Kata perwakilan karyawan, Arintoko, masih banyak persoalan dihadapi pekerja di perusahaan itu. ” Kami juga menuntut tidak ada lagi upah di bawah UMK, dan seluruh buruh didaftarkan sebagai peserta BPJS Kesehatan, serta tidak ada lagi karyawan kontrak karena melanggar UU nomor 13 tahun 2003,” katanya.

Unjuk rasa di pabrik pengolah kayu tersebut mendapat pengamanan ketat dari Polres Temanggung yang dipimpin Kapolres Temanggung AKBP Maesa Soegriwo.

Jika tuntutan diabaikan, mereka akan kembali berunjuk rasa. Tuntutan tersebut adalah hak yang harus diberikan perusahaan pada pekerja, setelah pekerja memenuhi kewajibannya.

Setelah melalui negosiasi yang difasilitasi Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Temanggung, hasilnya perusahaan akan memberikan gaji yang menjadi hak buruh paling lambat Jumat (21/7), perhitungan hak-hak penyelesaian masa lalu yang akan dipertanggungjawabkan oleh pihak pengelola, Krishnadi Pryana.

Menurut Krishanadi Pryana sebagai perwakilan managenen, perusahaan tidak berganti pemilik, namun manajemen akan ditangani oleh pemiliknya sendiri. Selama ini dirinya yang ditunjuk selaku pengelola manejemen.

Menyinggung pekerja belum diikutkan pada BPJS Kesehatan, pihaknya mengakui pernah ditegur oleh pemerintah.

” Semoga nanti dalam pengelolaan selanjutnya karyawan diikutkan BPJS Kesehatan,” katanya.

ads

Related posts

Tinggalkan Balasan