Tebang Kayu Perhutani Ditangkap Polisi

suwardi diamankan polisi
suwardi diamankan polisi

 

TEMANGGUNG, delikjateng.com – Sial benar yang dialami Suwardi (48). Pria asal Desa Kemiriombo, Kecamatan Gemawang, Kabupaten Temanggung ditangkap polisi saat menebang pohon di areal milik Perhutani.

Dari tangannya, Polisi menyita 100 batang kayu sengon hasil curian untuk dijadikan barang bukti kejahatan. Bersamaan dengan itu juga diamankan sebuah mobil pikap yang digunakan untuk memuat kayu hasil curiannya.

Terungkapnya kasus pencurian kayu ini berkat kecurigaan petugas saat melakukan patroli di petak 42 Perhutani, tepatnya di Dusun Wonotopo, Desa Sidoharjo, Kecamatan Candiroto.

Petugas melihat dua penebang pohon di kawasan itu. Mereka sempat memotong 9 pohon yang ditebang dan diangkut dengan kendaraan bak terbuka.

Tersangka tidak bisa mengelak, saat polisi menangkapnya. Kayu hasil curian dan mobil bak terbuka L300 dengan nomor polisi AA 1954 KN warna hitam, kini diamankan polisi untuk dijadikan barang bukti kejahatan.

Kasat Reskrim Polres Temanggung AKP Dwi Haryadi Senin (4/9) mengatakan, tersangka bakal dijerat dengan pasal 82 Jo 12 UU RI Nomor 18 tahun 2013 tentang pencegahan dan pemberantasan perusakan hutan, dengan ancaman hukuman kurungan penjara lima tahun, serta denda paling sedikit Rp 500 juta dan paling banyak Rp 2,5 miliar.(Sigit Purnomo)

Leave a Reply