Satpol PP Magelang Bongkar Bangunan Tanpa Ijin

Satpol PP magelang, gunakan alat berat robohkan bangunan tak berijin

MAGELANG, delikjateng.com  .Dianggap melanggar Perda No 6 tahun 2016 tentang ketertiban umum, bangunan di kawasan Magelang Theater dibongkar
oleh Satpol PP Kota Magelang. Bangunan semi permanen ini dibongkar dengan cara digergaji dan memakai alat berat.

Bangunan tersebut, kata warga setempat, awalnya merupakan tempat berjualan kaset. Saat melakukan pembongkaran, sebuah alat berat dikerahkan untuk membongkar pondasi lantai yang sudah dibeton dengan rapi.

Sekitar dua jam, bangunan sudah rata dengan tanah. Sedangkan pemilik bangunan, Aris (37) mengakui kesalahannya telah membangun bangunan ini tanpa mengantongi izin terlebih dahulu.

Aris warga Kampung Losmenan pasrah dan ikhlas bangunannya yang bernilai sekitar Rp 20 juta ini dibongkar oleh petugas. “Dulu saya buka usaha penjualan kaset di sini. Karena terus sepi berniat ganti usaha warung makan,” katanya.

Agar tidak terkesan kumuh bangunan itu lalu dibuat lebih bagus. Soal tidak ajukan izin dulu, karena Aris mengaku tidak mengerti prosedurnya. Sebelumnya sudah ada peringatan ketika kondisi bangunan sudah hampir jadi.
Kasi Penyelidikan, Penyidikan, dan Penindakan Satpol PP, Khudori, yang memimpin pembongkaran menyatakan, bangunan ini melanggar Perda No 6 tahun 2016 tentang ketertiban umum (Tibum). ”Kami bertindak tegas setelah tidak ada itikad baik dari pemilik untuk membongkar sendiri bangunannya ini,” ujarnya di sela eksekusi.

Pemilik bangunan sebelumnya diberi waktu selama tiga hari untuk membongkar sendiri bangunannya. Hingga batas waktu yang ditentukan, bangunan masih berdiri, bahkan bertambah lengkap dari sebelumnya.

Bahan bangunan yang berupa besi dan atap diamankan petugad. ”Pemilik dipersilahkan kalau mau mengambil barangnya di kantor, dengan terlebih dahulu menandatangani surat pernyataan,” jelasnya.(sigit purnomo)

ads

Related posts

Tinggalkan Balasan