Satlantas Terapkan Sistem Kontra Flow

persimpangan mulyosari parakan
persimpangan mulyosari parakan foto: rafael

Liputan Achmad K Rafael

TEMANGGUNG,delikjateng.com – Satuan Lalu Lintas Polres Temanggung menerapkan sistem kontra flow untuk mengatasi kemacetan. Sistem itu diterapkan di persimpangan Mulyosari, Kecamatan Parakan yang merupakan titik terpadat.

Kendaraan yang datang dari arah timur baik dari arah Kedu serta Bulu, dihentikan sementara di simpang tiga Mulyosari. Sementara dari arah barat (keluar dari Kota Parakan) dihabiskan sehingga jalur kosong.

Begitu telah kosong, sistem kontra flow diterapkan. Yakni menciptakan jalur satu arah ke arah barat, dengan melepas kendaraan dari timur yang tepah menumpuk karena dihentikan sementara.

Sistem itu setidaknya telah diterapkan beberapa kali sejak Rabu (28/6). Terutama dilaksanakan pada saat arus kendaraan padat seperti menjelang sore dan sekitar pukul 20.00.

Persimpangan Mulyosari dikenal sebagai kawasan rawan macet. Karena merupakan jalur pertemuan dua arah, dengan kondisi jalan yang tidak sebanding dengan volume kendaraan yang melintas. Di tempat itu kemacetan sering menimbuljan antrean lebih dari 3 km.

Simpang tiga Mulyosari merupakan wilayah jalur tengah yang menghubungkan Jogjakarta – Purwokerto – Kendal. Pada arus balik ini banyak digunakan karena dapat menyingkat jarak dan waktu tempuh perjalanan ke sejumlah kota.

Sementara itu sistem kontra flow juga diterapkan di Kendal pada Kamis (29/06) sore. Tim Urai Kemacetan Polres Kendal harus membuka satu jalur lagi sehingga dari arah Semarang tiga jalur sedang arus sebaliknya satu jalur.

Kasatlantas Polres Kendal AKP Edy Sutrisno mengatakan, Contra Flow 3-1 diperlukan saat kondisi jalan merambat dan rawa macet. “Sore ini kami buka satu jalur lagi dari arah timur mulai dari PT IGN Cepiring hingga Jenarsari tepatnya di depan Pos Pengamana Bahurekso,” katanya sebagaimana dikutip krjogja.com.

Arus balik di Kabupaten Kendal mulai padat. Ribuan kendaraan dari Kota Semarang   yang masuk ke Kendal setiap jam sekitar 5.764 kendaraan perjam. Jumlah itu terdiri atas 2.163 mobil pribadi, 841 bus dan truk, serta 2.760 sepeda motor.

ads

Related posts

Tinggalkan Balasan