Polisi Jaman Now Harus Bisa Bahasa Inggris

Sejumlah anggota polwan ikut latihan Bahasa Inggris ,polisi jaman now
Sejumlah anggota polwan ikut latihan Bahasa Inggris (foto suchafif)

TEMANGGUNG, Delikjateng.com – Guna mendukung pelaksanaan tugas-tugas anggota Polri, khususnya dalam hal pelayanan kepada masyarakat. Polres Temanggung mengadakan pelatihan bahasa Inggris terhadap personilnya.

Kegiatan yang digelar pada Kamis (16/11/2017), di ruang Aula Loka Dharma, Polres Temanggung, diikuti oleh seluruh jajaran, baik anggota Polres maupun Polsek.

Kapolres Temanggung AKBP Maesa Soegriwo, mengatakan, dirinya sangat mendukung kegiatan pelatihan tersebut, mengingat tugas Polri semakin kedepan semakin kompleks. Dan juga agar dilakukan secara continue.

“Polisi jaman now harus bisa bahasa Inggris, khususnya yang muda-muda. Tidak menutup kemungkinan dalam bertugas kita menghadapi warga negara asing yang notabene berbahasa Inggris, sehingga kita juga perlu menggunakan bahasa (Inggris) tersebut,” tutur Kapolres Temanggung saat membuka acara pelatihan.

Sementara itu Ipda Jamaludin selaku ketua penyelenggara pelatihan menuturkan, setiap anggota polri diharapkan cakap berbahasa Inggris. Selain itu, ia juga menyampaikan bahwa di Polres Temanggung sudah memiliki komunitas dan grup WhatsApp yang dalam berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris.

Bukan tanpa alasan, semisal contoh siapa tau kita ditugaskan ke luar negeri menjadi polisi/pasukan perdamaian dunia (PBB), maka mau tidak mau kita harus menggunakan bahasa Internasional, yaitu bahasa Inggris.

“Jadi kegiatan ini sangatlah perlu dan penting guna mendukung pelaksanaan tugas-tugas anggota di lapangan,” terangnya.

Polres Temanggung juga memiliki anggota yang pernah bertugas sebagai Police Advisor Sudan Selatan pada tahun 2014. Dia adalah Bripka Christianto​ NP, dan sekarang bertugas di Satuan Reserse dan Kriminal.

(Suchafif Nur Rochman)

Leave a Reply