Pembuat dan Penyebar Berita Hoax Akan Ditindak

TEMANGGUNG, delikjateng.com – Polisi Resor Temanggung menggiatkan patroli siber untuk mendeteksi dan menemukan berita hoax dan ujaran kebencian yang dapat mengganggu kosndusifitas masyarakat.

Kapolres Temanggung, AKBP Wiyono Eko Prasetyo mengatakan, guna mendukung kerja tim cyber sejumlah komputer disiapkan sengan jaringan internet untuk patroli tersebut

“Tim Cyber selalu patroli menemukan berita hoax dan ujaran kebencian. Patroli berlangsung selama 24 jam, jika ada temuan selanjutnya ditindak lanjuti melalui proses hukum” kata Wiyono

Ia menjelaskan tim cyber berada di bawah satuan Reskrim, mereka yang masuk pada tim telah dilatih di bidan teknologi informasi.

Masing – masing pihak berpotensi melakukan kampanye hitam dengan menyebar berita hoax atau ujaran kebencian untuk menyerang pihak kompetitor. Pihak ketiga bisa jadi berperan untuk mengambil keuntungan tertentu dari sebuah keadaan.

Ia juga mengatakan kepolisian tidak hanya mencari untuk menemukan tetapi juga mengecek kebenaran dari laporan masyarakat pada dugaan ujaran kebencian dan hoax.

“ Kami menindak lanjuti dugaan dengan menganalisa temuan, jika memang sudah menjerumus dan dapat ditindak lanjuti maka akan diproses hukum” katanya.

Ia mengigatkan masyarakat Temanggung untuk bijak bermedia sosial, dengan tidak membuat hoax, ujaran kebencian, dan menyebarkannya. Jika menerima berita yang provokatif dan patut diduga sebagai hoax untuk menyampaikan pada kepolisian yang nanti akan ditelusuri.

Pesannya, kondusivitas Kabupaten Temanggung yang dalam keadaan baik untuk selalu dijaga, masing – masing warga saling mengingatkan, setiap ada permasalahan yang berpotensi konflik segera melapor pada kepolisian, karena kondusifitas Temanggung tercipta baik dari warganya.

(Suchafif)

ads

Related posts

Tinggalkan Balasan