Pelantikan Relawan Demokrasi

pelantikan relawan demokrasi

TEMANGGUNG, delikjateng.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Temanggung melantik 55 Relawan Demokrasi, di aula kantor KPU Temanggung. Pelantikan dipimpin oleh Ketua KPU, M. Yusuf Hasyim.

Yusuf mengatakan tujuan dari adanya Relawan Demokrasi adalah, agar adanya partisipasi masyarakat dalam gelaran Pemilu ini benar-benar nyata, menurut dia, dengan adanya dukungan nyata dari masyarakat dalam proses pelaksanannya, diharapkan ‎partisipasi warga dalam menggunakan hak pilihnya meningkat.

“Pada pemilihan presiden (Pilpres) dan pemilihan legislatif (Pileg) 2019, partisipasi pemilih di Temanggung mencapai 90 persen,” ucapnya.

Karena itu, ia meminta agar para relawan benar-benar menjalankan peran dan fungsinya secara maksimal, untuk membantu menyosialisasiikan pesta demokrasi lima tahunan ini kepada masyarakat, di basisnya masing-masing.

Selain itu, para relawan diminta untuk meyakinkan masyarakat, bahwa gelaran Pilpres dan Pileg serentak ini dilaksanakan secara bersih dan jujur.

Selama melakukan tugasnya, Yusuf berharap para relawan dapat menjalin komunikasi yang ba‎ik dengan para pihak yang turut andil dalam penyelenggaraan Pilpres dan Pileg serentak. “Jalin komunikasi yang baik dengan PPS, KPPS, PPK, Bawaslu maupun Panwascam setempat. Semua bersinergi untuk menyukseskan Pemilu,” katanya.

Menurut dia, 55 orang terpilih merupakan penyaringan dari 68 orang yang mendaftar menjadi Relawan Demokrasi. “Saat pendaftaran, kami minta rekomendasi dari masing-masing camat untuk mengirimkan orang-orang terbaik yang ada,” ucapnya.

Diakui, proses perekrutan para Relawan Demokrasi ini cukup mepet, ia berharap semua dapat berjalan sesuai dengan apa yang diharapkan.

Salah seorang Relawan Demokrasi‎ yang dilantik, Rahardian, mengatakan akan serius melaksanakan tugas-tugasnya dan akan mematuhi aturan yang telah di berikan. “Kami akan berusaha semaksimal mungkin dalam menjalankan tugas, Jika terbukti melakukan pelanggaran, kami siap diberhentikan sewaktu-waktu,” tegasnya.

(Suchafiif)

ads

Related posts

Tinggalkan Balasan