Pakai Kaos Palu Arit, Wisatawan Diamankan Petugas di Borobudur

baju palu arit
wisatawan asal prancis dibawa ke pos karena memakai baju palu arit

Liputan Achmat K Rafael

MAGELANG,delikjateng.com – Fusillier Mathieu (39) seorang wisatawan asal Perancis, diamankan Petugas keamanan Taman Wisata Candi Borobudur, Magelang. Dia kedapatan mengenakan kaus bergambar palu arit, yang merupakan simbol Partai Komunis Indonesia (PKI).

Menurut keterangan, awalnya seorang pengunjung di kawasan wisata itu melihat Mathieu ketika hendak masuk di kompleks candi. Karena pakaiannya bergambar palu arit, kemudian melapor ke jajaran keamanan setempat.

Petugas yang menerima informasi tersebut langsung berkoordinasi dengan keamanan dari Balai Konservasi Borobudur (BKB). Mathieu selanjutnya diminta ke kantor

Komandan Koramil 19/Borobudur, Kapten (Inf) Sriyanto kepada wartawan menjelaskan, Mathieu mengaku mendapatkan kaus itu saat membeli di Vietnam seharga 3 dolar. ” Dia yang datang sendiri ke Indonesia itu tidak mengetahui, kaus yang ia beli di Vietnam tersebut dilarang di Indonesia,” katanya.

Petugas berupaya untuk mencari solusinya, dengan memerintahkan Mathieu menanggalkan kaus dan menggantinya dengan yang lain. “Setelah menjalani pemeriksaan, kaus kita sita dan diganti dengan kaus bergambar Candi Borobudur,” ujar Sriyanto.

Rencananya Mathieu akan melanjutkan liburannya ke Bali. Ia rela kaus oleh-oleh dari Vietnam dijadikan sebagai barang bukti.

Tinggalkan Balasan