“Padusan” berujung maut

Evakuasi korban

TEMANGGUNG, Delikjateng.com – seorang remaja bernama Wahyu Dwi Liskiyanto (19) warga Dusun Tritis RT 01 RW 05 Desa Wonotirto Kecamatan Bulu Kabupaten Temanggung, tenggelam di Kolam Renang Prestasi Pikatan Waterpark Temanggung, diduga alami kram perut. Namun nahas nyawa korban tak tertolong, setelah mendapatkan penanganan medis di ICU RSUD Temanggung.

“Setelah dilakukan tindakan dan pemasangan alat di RSUD Temanggung, korban dinyatakan masih hidup dan belum sadar. Korban dirawat di ICU, kemudian hari Minggu malam pukul 22.30 korban dinyatakan meninggal dunia,” ungkap Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Temanggung, Gito Walngadi, Senin (6/5) kemarin.

Lebih lanjut Gito mengungkapkan, kejadian kecelakaan di air tersebut baru diketahui pada Minggu pukul 13.00, saat korban tengah melakukan padusan. Menurut sejumlah saksi korban sudah berulang kali melakukan upaya penyelaman. Diduga korban mengalami kram perut saat sedang berupaya mengambil kalung di dasar kolam dengan kedalaman dua meter.

Namun, saat kejadian korban tidak memberikan isyarat tenggelam atau tanda membutuhkan pertolongan. Kemudian, saat personil yang sedang melakukan tugas pemantauan di Kolam Renang Prestasi Pikatan Waterpark, petugas melihat korban dalam kondisi lemah di dalam air. Kemudian petugas melakukan evakuasi terhadap korban.

“Setelah korban diangkat ke permukaan oleh Personil SAR BPBD segera dilakukan penilaian dini. Kondisi korban henti nafas dan nadi lemah. Kemudian dilakukan resesuitasi jantung paru. Setelah korban mengeluarkan air dari mulut segera diberikan bantuan oksigen oleh anggota PMI Temanggung dan korban dirujuk ke RSUD Temanggung,” terang Walngadi.

Setelah itu, kata dia, baru dilakukan tindakan dan pemasangan alat di RSUD Temanggung. Setelah itu korban dinyatakan masih hidup, namun kondisinya belum sadar. Setelah itu baru korban dirawat di ICU rumah sakit setempat. Namun rupanya Tuhan berkehendak lain, pada hari Minggu petang, sekitar pukul 22.30, pihaknya medis menyatakan korban meninggal dunia.

(Suchafif)

ads

Related posts

Tinggalkan Balasan