Muncul Semburan Gas Ditepi Rel KA

semburan gas
Semburan gas (dok.humas PT KAI)

KEBUMEN,delikjateng.com – Warga Desa Kabekelan, Kecamatan Prembun, Kabupaten Kebumen, kaget dengan munculnya semburan gas di dekat jalur rel kereta api (KA). Belum diketahui penyebab semburan, namun diduga berkaitan dengan pengeboran untuk keperluan proyek jalur rel ganda Kroya-Kutoarjo.

Warga setempat menjelaskan, semburan diketahui pada Kamis (24/8) pagi, tepatnya di wilayah RT 06 RW 02. Sebelumnya di wilayah itu, sering terlihat ada semburan gas.

Awal mula diketahui adanya semburan setelah pengeboran yang dilakukan oleh pekerja dari PT Yasa Pola Remaja, selaku pelaksana proyek jalur rel ganda. Kawasan itu berdekatan dengan jalur rel kereta api, serta jalur pipa milik PT Pertamina.

” Tapi titik semburan lebih dekat dengan jalur kereta api. Sedangkan kereta api masih aktif melewati jalur itu. Artinya rel masih aman,” kata warga.

Sementara Manajer Humas PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi 5 Purwokerto Ixfan Hendriwintoko saat dikonfirmasi Antara, mengatakan masih menunggu laporan perkembangan semburan gas tersebut dari petugas di lapangan.

“Informasi yang kami terima dari Manajer Aset, lokasi semburan gas bukan pada jalur pipa BBM (Bahan Bakar Minyak) milik Pertamina,” katanya.

Dalam hal ini, kata dia, jalur pipa BBM milik Pertamina berada di sebelah utara jalur rel dengan jarak 12 meter dari as rel. Sementara lokasi semburan berada di sebelah sebelah selatan jalur rel dan berjarak 5 meter dari as rel kereta api.

Kendati demikian, dia mengatakan pihaknya masih menunggu hasil pemeriksaan yang dilakukan institusi terkait di lokasi semburan.
” Masih kami pantau perkembangannya. PT KAI sudah diterjunkan di lokasi,” jelasnya.

Tinggalkan Balasan