Kebakaran Rumah Akibat Ditinggal Pergi Pemilik

Pemadaman dibantu oleh tim Damkar

TEMANGGUNG, Delikjateng.com – ‎ dikarenakan lupa mematikan api, Rumah dan sebagian harta benda milik keluarga Suliman, warga Dusun Clapar, Desa Kalimanggis, ‎Kecamatan Kaloran, Kabupaten Temanggung, hangus dilalap si jago merah.

Awal mula peristiwa tersebut sesaat sebelum Suliman meninggalkan rumah kala itu, ia sedang memasak badeg (bahan dasar untuk gula jawa, red) di sebuah tungku yang berada di dapur rumah tersebut.

Plt Kepala Pelaksana Harian (Kalakhar) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) ‎Temanggung, Gito Walngadi, mengatakan, pada Rabu (24/7). Kebakaran terjadi semalam sekitar pukul 20.00 WIB dan menghanguskan rumah beserta isinya.

“Kemungkinan, api dari tungku badeg itu membesar dan kemudian menyebabkan kebakaran,” tuturnya.

Beruntung, saat peristiwa kebakaran, tak ada orang di rumah tersebut. Pada saat kejadian, Suliman beserta empat anggota keluarga lain sedang meninggalkan rumah sebentar.

si Jago merah menghanguskan Rumah Suliman

Akibat kebakaran ini, rumah Suliman luluh lantak dengan tanah. Tak hanya itu, ternak Suliman berupa seekor sapi dan delapan ekor kambing juga turut tewas terpanggang.

“Kerugian total diperkirakan lebih dari Rp130 juta,” ucap Gito.

Dalam peristiwa kebakaran tersebut tak ada korban jiwa dalam peristiwa itu. Hanya, saat ini Suliman dan keluarga harus mengungsi, lantaran tak lagi mempunyai tempat tinggal.

Menurut Gito, saat api berkobar rumah sama sekali dalam keadaan kosong. Para tetanggalah yang pertama kali melihat api dan asap dari rumah Suliman.

“Mereka kemudian bergotong royong berusaha memadamkan api. Namun, karena sudah membesar sulit untuk dipadamkan dengan peralatan sederhana. Api baru bisa dijinakkan setelah tim pemadam kebakaran (damkar) datang,” pungkasnya.

(Suchafif)

Tinggalkan Balasan