Dishub periksa kelaikan bus

Dishub memeriksa kelaikan bus yang akan digunakan mengangkut pemudik

TEMANGGUNG, Dellikjateng.com – sejumlah bus di pool yang akan digunakan untuk mudik lebaran di periksa kelaikan kendaraan oleh Dinas Perhubungan (Dishub) Temanggung, Senin (27/5). Hal tersebut dilakukan untuk mengurangi angka kecelakaan saat mudik lebaran.

Kepala Hary Agung Prabowo mengatakan, tujuan utama ramcek dalam rangka memberikan rasa aman, nyaman kepada seluruh pengguna yang ada di jalan, baik itu pengguna jalan baik penumpang itu sendiri.

“memang setiap tahun kita mengadakan kegiatan ramcek dalam rangka menghadapi lebaran seperti tahun tahun kemarin kita bersama lantas dan dengan instansi terkait melakukan ramcek kepada seluruh perusahaan otobis” ujarnya setelah melakukan pengecekan bus.

Ramcek yang dilakukan ada dua, yaitu, OBL dan BMS sejauh ini tidak ada kendala yang berarti, karena setiap semester sekali perusahaan Safari Dharmaraya selalu mengadakan uji kir ke Dishub.

“tahun ini arus mudik dan arus balik hanya satu minggu. Yang perlu kita perhitungkan betul adalah pada waku arus baliknya, kalau arus mudiknya di prediksi puncak arus mudik pada hari Jumat, Sabtu dan Minggu” katanya.

Diperkirakan, untuk arus balik puncaknya pada hari Minggu tanggal 10 Juni 2019. Di setiap tahun dipastikan terjadi lonjakan pemudik, untuk tahun ini dari Jabodetabek menuju ke seluruh Jawa Tengah kurang lebih 5,6 Juta pemudik.

Kabag Oprasional Safari Dharmaraya, Bambang Dwi Kumoro mengatakan, untuk OBL atau Safari Dharmaraya menyediakan dua bagian yaitu Pariwisata dan Reguler akap atau eksekutif, untuk armadanya sendiri dari pariwisata ada 24 bus dan untuk yang eksekutif ada 24 bus.

“untuk tahun ini kita memang ada penurunan unit karena kendaraan kita memang sudah mulai harus di ganti, jadi untuk pimpinankami baru rencana peremajaan armada setelah hari raya menjelang bulan Desember” pungkasnya.

(Suchafif)

ads

Related posts

Tinggalkan Balasan