Berkat Kancing Baju, 7 Pembunuh Sugeng Raharjo Tertangkap

Para Pelaku Pembunuh sugeng
Para Pelaku Pembunuh sugeng

TEMANGGUNG, delikjateng.com – Teka-teki temuan mayat di areal kebun karet Desa Selosabrang, Kecamatan Bejen, Kabupaten Temanggung, terkuak sudah. Berkat temuan sebuah kancing baju, 7 tersangka, satu diantaranya wanita, ditangkap petugas Polres Temanggung.

Korbannya adalah Sugeng Raharjo (35) warga Kelurahan Klidang Lor, Kabupaten Batang. Sedangkan ke tujuh tersangka yang kini menjalani pemeriksaan di Polres Temanggung, adalah Dewi, warga Batang, serta enam pelaku lainnya terdiri atas Wisnu, Kuncoro, Aris, Fajar, Sunarto, dan Didit, semuanya warga Boja, Kabupaten Kendal.

Hasil penyelidikan sementara menyebut, otak pembunuhan adalah Dewi dan Wisnu. Mereka memberikan sejumlah uang kepada lima tersangka untuk membunuh korban.

Para pelaku menerima uang dengan besaran tidak sama tergantung peran masing-masing. ada yang mendapat Rp 600 ribu, Rp500 ribu, tapi ada pula yang hanyamenerima Rp150 ribu. Mereka ditangkap pada Rabu dini hari sekitar pukul 03.00 WIB.

Kapolres Temanggung AKBP Mahesa Soegriwo mengatakan, awal pengungkapan kasus pembunuhan ini setelah mendapatkan identitas korban atas nama Sugeng Raharjo, kemudian mengembang ke saksi-saksi ada sekitar 10 saksi.

” Kami bahkan dapat menemukan kancing baju korban berada di Rumah Makan Durenjati, Kaliwungu, Kendal. Barang bukti tersebut cukup sebagai petunjuk mengungkap kasus ini. Di samping menggunakan TI dan berkoordinasi dengan jajaran Polda Jateng,” kata kapolres.

Berdasarkan keterangan dari beberapa pelaku, motif pembunuhan ini karena adanya utang, antara Dewi dengan korban. Selama ini Dewi merasa telah ditipu korban yang mengaku sebagai paranormal.

“Dewi pernah menderita sakit perut, kemudian diobati korban, dan telah menghabiskan uang hampir Rp150 juta, tetapi penyakitnya tidak kunjung sembuh,” ujar kapolres.

Tentang penganiayaan terhadap korban, polisi masih melakukan pendalaman. Sementara saksi ada yang melihat korban dipukul di Rumah Makan Durenjati. Diduga korban meninggal karena dijerat dengan tali warna biru dan di bagian leher juga ada bekas tusukan dengan gunting.

“Para pelaku dikenakan Pasal 340 KUHP yakni pembunuhan berencana dengan ancaman hukuman seumur hidup. Sebelumnya mereka sudah mempersiapkan peralatan seperti tali, gunting, dan karung,” katanya.(*)

Leave a Reply