42 Sipir di Rutan Temanggung Jalani Tes Urin

TEMANGGUNG,delikjateng.com – 42 sipir di Rumah Tahanan (rutan) kelas IIB Temanggung menjalani tes urin pada Rabu (13/2) siang, oleh Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Temanggung. Hal itu sebagai kelanjutan langkah progresif upaya pemberantasan narkoba.

Kepala Rutan Temanggung, Bambang Wijonarko mengatakan, sangat senang dengan diadakan kegiatan tersebut kaera terus di suport uleh BNNK Temanggung.

“Untuk pegawai kebetulan tidak kita kasih tahu, nanti apapun hasilnya pasti ada asesmen nya yang di laksanakan oleh BNNK. Dan ini memang sudah di programkan oleh Direktorat Jendral Pemasyarakatan bahwa untuk sampai akhir bulan Februari diseluruh lapas rutan di Indonesia harus sudah bebas narkoba,” katanya.

Untuk antisipasi pengendalian narkoba , Rutan Temanggung setiap hari melakukan geledah kamar, pemeriksaan warga binaan yang dikirim maupun pengunjung dilakukan pemeriksaan ketat, selain itu juga menggunakan sistem non tunai untuk mencegah penyelundupan narkoba.

Kepala Seksi Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat BNNK Temanggung Sony Hendrawan menuturkan, hasil kegiatan hari ini untuk pengecekan tes urin pegawai rutan Temanggung tidak ada yang positif narkoba.

“ Alhamdulillah ini menjadi komitmen bersama antara BNNK dan kepala Rutan di Temanggung ini” katanya.

Pelaksanaan sidak tersebut berdasarkan intruksi presiden nomor 6 tahun 2018 bahwa semua Aparatur Sipil Negara (ASN) dilingkungan kementrian instansi vertikal pemerintah daerah harus bebas dari narkoba.

Ia berharap kepada semua pegawai di Rutan Temanggung selaku pembina warga di lapas untuk membina supaya bersih dari narkoba.

“ Dari ibaratnya seperti sapu, kalau untuk membersihkan sebelumnya sapu tersebut harus terlebih dahulu di bersihkan” pungkasnya.

(Suchafif)

ads

Related posts

Tinggalkan Balasan